Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
BUDIDAYA TERNAK PETELUR
MILIK BAPAK ANTON
Oleh
Kelompok 4 :
1. Rajib Fatturahman (19)
2. Reyhan Mahardika (20)
3. Rizka De...
Budidaya adalah tindakan mengelola sumber daya
nabati untuk diambil hasilnya, atau bisa juga diartikan
sebagai usaha meme...
Identitas Narasumber
Nama : Bapak Anton
Alamat : Bedukan, Pleret, Bantul
Awal usaha: sejak tahun 2008
Karyawan : untuk kar...
Jenis Unggas
Jenis unggas : Bapak Anton memilih bebek
petelur (BebekTuri Bantul)
Bebek Turi Bantul merupakan jenis itik a...
Harga satuan : untuk bebek yang sudah
siap sebagai petelur
berkisar 180.000,-/ekor.
Banyak unggas mati : untuk jumlah un...
Kandang
 Jumlah kandang : sebanyak 2 unit, untuk 1 unit
berisi 500 ekor bebek.
 Biaya : untuk membuat satu
unit kandang,...
Bibit
Dalam budidaya bebek petelur ini, Bapak
Anton ternyata mendapatkan bibit bebek
dari seorang penyetor (bibit bebek tu...
Pakan
 untuk pakan bebek ini, Bapak Anton membeli di
toko, di Jalan Imogiri.
 Bapak Anton membeli pakan tergantung kondi...
Penyakit
 Penyakit unggas : flu burung
 Banyak unggas : banyak unggas yang terkena penyakit
hanya sekitar 2-5 ekor saja....
- Fumisid, untuk desinfeksi
kandang, alat-alat
peternakan, dan ruang
penetasan
-Vidone, untuk desinfeksi
kandang, peralata...
Masa Produktif Bebek
 bebek turi dapat memproduksi telur pada usia 25
minggu, tetapi puncak produksinya pada saat
usia 7 ...
Pemasaran
 Bapak Anton menjual telur hasil budidaya ini
seharga 1.700/ telur dengan diambil oleh para
pedagang kecil.
 U...
Daftar Harga Telur Bebek
No. NAMA DAERAH HARGA (per butir)
1. Karangkajen,Yogyakarta Rp 2.000,-
2. Sentolo, Kulonprogo Rp ...
Sekian
&
Terimakasih
Wirausaha Produk Produk Budidaya Ternak Unggas Petelur
Wirausaha Produk Produk Budidaya Ternak Unggas Petelur
Wirausaha Produk Produk Budidaya Ternak Unggas Petelur
Wirausaha Produk Produk Budidaya Ternak Unggas Petelur
Wirausaha Produk Produk Budidaya Ternak Unggas Petelur
Wirausaha Produk Produk Budidaya Ternak Unggas Petelur
Wirausaha Produk Produk Budidaya Ternak Unggas Petelur
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Wirausaha Produk Produk Budidaya Ternak Unggas Petelur

12,291 views

Published on

PDK Empat

  • Dating for everyone is here: ❤❤❤ http://bit.ly/2F7hN3u ❤❤❤
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Sex in your area is here: ♥♥♥ http://bit.ly/2F7hN3u ♥♥♥
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here

Wirausaha Produk Produk Budidaya Ternak Unggas Petelur

  1. 1. BUDIDAYA TERNAK PETELUR MILIK BAPAK ANTON Oleh Kelompok 4 : 1. Rajib Fatturahman (19) 2. Reyhan Mahardika (20) 3. Rizka Dewi Anggraini (21) 4. Shella Noer Utami (22) 5. Syapna Dara Rona Puspita (23) 6. Tata Adi Nugroho (24)
  2. 2. Budidaya adalah tindakan mengelola sumber daya nabati untuk diambil hasilnya, atau bisa juga diartikan sebagai usaha memelihara tenaman atau ternak mulai dari menyiapkan benih atau bibit untuk dipanen hasilnya. Unggas adalah jenis hewan yang termasuk ke dalam kelompok burung-burungan. Ciri-ciri unggas adalah bersayap, berbulu, berkaki, dan memiliki paruh. Berdasar produk yang dihasilkan, kita mengenal unggas petelur dan unggas pedaging. Unggas petelur adalah unggas yang dipelihara untuk menghasilkan telur, sedang pedaging adalah unggas yang menghasilkan antara lain adalah ayam, bebek/itik, burung puyuh, dan angsa.
  3. 3. Identitas Narasumber Nama : Bapak Anton Alamat : Bedukan, Pleret, Bantul Awal usaha: sejak tahun 2008 Karyawan : untuk karyawan, Bapak Anton hanya memiliki 2 karyawan saja, itupun berasal dari warga yang memang telaten dalam menggurus hewan ternak, seperti unggas.
  4. 4. Jenis Unggas Jenis unggas : Bapak Anton memilih bebek petelur (BebekTuri Bantul) Bebek Turi Bantul merupakan jenis itik asli Indonesia yang berasal dari Yogyakarta, tepatnya Bantul. Itik ini juga dikenal sebagai itik Mataram, karena diaggap sebagai jenis itik peninggalan Kerajaan Mataram. Dilansir, turi berasal dari persilangan itik lokal dengan import. Banyak unggas: saat ini Bapak Anton telah memiliki 1000 ekor bebek petelur.
  5. 5. Harga satuan : untuk bebek yang sudah siap sebagai petelur berkisar 180.000,-/ekor. Banyak unggas mati : untuk jumlah unggas yang mati selama periode budidaya adalah 2% dari jumlah peliharaan. Vaksin/obat : pada bubidaya bebek petelur ini Bapak Anton memilih untuk memberi antiseptik pada peliharaannya.
  6. 6. Kandang  Jumlah kandang : sebanyak 2 unit, untuk 1 unit berisi 500 ekor bebek.  Biaya : untuk membuat satu unit kandang, menghabiskan biaya sebesar 20juta.  Lahan : sewa, dihitung per 1 meter sebesar 7.000,- per tahun.
  7. 7. Bibit Dalam budidaya bebek petelur ini, Bapak Anton ternyata mendapatkan bibit bebek dari seorang penyetor (bibit bebek turi). Untuk usia bibit bebek ini sekitar 45 hari. Harga yang Bapak Anton keluarkan untuk membeli bibit ini sekitar 4.000 / ekor.
  8. 8. Pakan  untuk pakan bebek ini, Bapak Anton membeli di toko, di Jalan Imogiri.  Bapak Anton membeli pakan tergantung kondisi bebek, rata-rata bebek membutuhkan 1,4 ons / ekor, sehingga 1000 ekor x 1,4 ons = 140o ons = 140kg.  untuk jenis pakannya sendiri, ada katul dan sego garing.  untuk harga pakannya sendiri, tidak terlalu mahal karena Bapak Anton hanya membeli katul saja sekitar 2000/Kg, sedang untuk sego garingnya beliau memilih untuk membuat sendiri.
  9. 9. Penyakit  Penyakit unggas : flu burung  Banyak unggas : banyak unggas yang terkena penyakit hanya sekitar 2-5 ekor saja.  Obat : Bapak Anton tidak memberi obat pada bebek yang terkena penyakit, tetapi Bapak Anton selalu mencegahnya dengan memberi antiseptik, sanitasi, membersihkan kandang, bahkan jika masih ada bebek yang terkena flu burung, BapakAnton lebih memilih menjualnya.
  10. 10. - Fumisid, untuk desinfeksi kandang, alat-alat peternakan, dan ruang penetasan -Vidone, untuk desinfeksi kandang, peralatan peternakan, alat-alat transportasi,dan sanitasi air minum. - Destan, untuk desinfektan dan antiseptik pada peternakan. JENISVAKSIN
  11. 11. Masa Produktif Bebek  bebek turi dapat memproduksi telur pada usia 25 minggu, tetapi puncak produksinya pada saat usia 7 bulan  masa produktif bebek adalah 2-3 bulan.  jumlah telur adalah 180-200 lebih untuk per tahunnya.
  12. 12. Pemasaran  Bapak Anton menjual telur hasil budidaya ini seharga 1.700/ telur dengan diambil oleh para pedagang kecil.  Untuk penghasilannya, dapat mencapai 600.000/hari. Sedangkan untuk keuntungannya sebesar 40% dari modal budidaya. Jadi keuntungan budidaya tergantung dari banyak telur yang dihasilkan.
  13. 13. Daftar Harga Telur Bebek No. NAMA DAERAH HARGA (per butir) 1. Karangkajen,Yogyakarta Rp 2.000,- 2. Sentolo, Kulonprogo Rp 1.700,- 3. Madugondo, Sitimulyo, Piyungan Rp 1.800,- 4. Gampingan, Sitimulyo, Piyungan Rp 1.800,- 5. Pendowoharjo, Sewon, Bantul Rp 2.000,- 6. Tamantirta, Kasihan, Bantul Rp 1.700,-
  14. 14. Sekian & Terimakasih

×