Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Blood group, Blood Pressure, and Heart Beat

606 views

Published on

It is about blood group, blood pessure, and heart beat.. actually this is my task to present in front of class.. please download if u need it.. thanks!

Published in: Education
  • Login to see the comments

Blood group, Blood Pressure, and Heart Beat

  1. 1. ASSALAMU’ALAIKUM WR.WB
  2. 2. Seperti yang kita ketahui , golongan darah ada 4 macam, yaitu :1. Golongan darah A2. Golongan darah B3. Golongan darah AB4. Golongan darah O
  3. 3. No Probandus Blood Photo Note Type Gambar di samping1 Afifah B menunjukkan tipe golongan darah seseorang dimana pada saat darah ditetesi anti A darah tidak menggumpal, namun ketika diteteskan anti B darah menggumpal,hal ini berarti darah memiliki tipe B bukan A, dan ketika darah ditetesi anti AB darah menggumpal. Dari kejadian ini dapat disimpulkan bahwa golongan darah orang tersebut adalah B.
  4. 4. No Probandus Blood Photo Note Type2 Hasri O Gambar di samping menunjukkan tipe golongan darah seseorang dimana pada saat darah ditetesi anti A darah tidak menggumpal, berarti golongan darah bukan A. ketika diteteskan anti B darah tidak menggumpal hal ini berarti darah tidak memiliki tipe B, dan ketika darah ditetesi anti AB darah juga tidak menggumpal. Dari kejadian ini dapat disimpulkan bahwa golongan darah orang tersebut adalah O.
  5. 5. No Probandus Blood Photo Note Type3 Anita O Gambar di samping menunjukkan tipe golongan darah seseorang dimana pada saat darah ditetesi anti A darah tidak menggumpal, berarti golongan darah bukan A. ketika diteteskan anti B darah tidak menggumpal hal ini berarti darah tidak memiliki tipe B, dan ketika darah ditetesi anti AB darah juga tidak menggumpal. Dari kejadian ini dapat disimpulkan bahwa golongan darah orang tersebut adalah O.
  6. 6. Blood pressureNO. Probandus Note Istirahat aktivitas 1. Afifah 110 , 93 110 , 70 1. pengukur an saat istirahat 2. Aktivitas 2. Anita 110 , 90 110 , 70 dilakukan selama 5’ 3. Hasri 110 , 90 110 , 70
  7. 7. 120100 93 90 90 80 60 Sistol Diastol 40 20 0 Afifah Anita Hasri
  8. 8. 120 110 110 11010080 70 70 7060 Sistol Diastol4020 0 Afifah Anita Hasri
  9. 9. • Denyut nadi pada orang dewasa berkisar antara 60 – 100 kali per menit.• Denyut nadi pada orang yang sedang beristirahat berkisar antara 60 – 80 kali per menit.• Nadi dapat ditemukan dipergelangan tangan , lipatan siku, leher.
  10. 10. Heart BeatNo. Probandus Note Istirahat aktivitas 1. pengukuran 1. Afifah 77 105 pada saat istirahat 1’ 2. Pengukuran 2. Anita 85 93 setelah aktifitas selama 5’ 3. Hasri 78 120
  11. 11. 12010080 Istirahat60 Aktivitas4020 0 Afifah Anita Hasri
  12. 12. 1. Berapakah denyut nadi orang dewasa ? Denyut jantung normal orang dewasa berkisar 60- 100 kali per menit.2. Mengapa denyut nadi cenderung meningkat pada saat melakukan aktivitas berat ? Aktivitas berat dapat meningkatkan kerja jantung dan pembuluh darah. Respon fisiologis terhadap aktivitas berat adalah meningkatnya denyut jantung yang akan disertai meningkatnya distribusi oksigen ke bagian tubuh yang membutuhkan, sedangkan pada bagian-bagian yang kurang memerlukan oksigen akan terjadi vasokonstriksi, misal traktus digestivus. Meningkatnya denyut jantung pasti akan berpengaruh terhadap tekanan darah.
  13. 13. 3. Pada saat menggunakan stetoskop , kita dapat mendengar heart beat, darimanakah asal denyut nadi tersebut ? Suara jantung adalah suara yang dikeluarkan oleh jantung dan akibat aliran darah melalui jantung.  Arteri radialis : Terletak sepanjang tulang radialis, lebih mudah teraba diatas pergelangan tangan pada sisi ibu jari. • Arteri Brankialis : Terletak di dalam otot biceps dari lengan atau medial di lipatan siku (fossa antekubital).  Arteri Karotid : Terletak dileher dibawah lobus telinga.
  14. 14. 4. Pemompaan darah oleh jantung , ditandai dengan 2 periode berselang , yaitu pada saat jantung berelaksasi dan pada saat jantung berkontraksi . Disebut apakah periode tersebut ? Periode jantung pada saat berkontraksi disebut sistol (systole) , dan periode jantung pada saat berelaksasi disebut diastol (diastole).5. Heart beat (denyut jantung) dapat direkam dalam bentuk EKG (electro cardiograph) . Digunakan untuk apakah EKG tersebut? EKG dapat digunakan untuk mendiagnosis kecepatan denyut jantung yang abnormal, gangguan irama jantung, serta kerusakan otot jantung. Hal ini disebabkan karena aktivitas listrik akan memicu aktivitas mekanis sehingga kelainan pola listrik biasanya akan disertai dengan kelainan mekanis atau otot jantung sendiri.
  15. 15. 6. Bagaimanakah asal mula jantung berdegup (berdetak) ? Jantung adalah organ yang terdiri dari empat kamar- kamar yang memompa darah. Dua kamar-kamar bagian atas disebut atria kanan dan kiri, dan dua kamar-kamar bagian bawah disebut ventricles kanan dan kiri. Atrium kanan menerima darah vena (darah yang miskin oksigen) dari tubuh dan memompanya kedalam ventricle kanan. Ventricle kanan memompa darah yang miskin oksigen ke paru-paru untuk menerima oksigen. Darah yang kaya oksigen dari paru-paru kemudian berjalan ke atrium kiri dan dipompa oleh atrium kiri kedalam ventricle kiri. Ventricle kiri mengantar darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh. Sebagai tambahan pada oksigen, darah mengangkut nutrisi-nutrisi lain (glucose, elektrolit- elektrolit, dll.) ke organ-organ. Dalam rangka mempertahankan tubuh yang sehat, jantung harus mempertahankan denyut jatung yang memadai sehingga jumlah yang cukup dari oksigen dan nutrisi-nutrisi diserahkan oleh ventricle kiri ke tubuh.
  16. 16. Denyut jantung normalnya diatur oleh frekwensi dari sinyal-sinyalelektrik yang dihasilkan oleh pacemaker alami jantung yang disebutSA node. SA node berlokasi pada dinding dari atrium kanan. Sinyal-sinyal elektrik dari SA node berjalan sepanjang jaringan-jaringankonduksi khusus pada dinding-dinding dari atria, menyebabkan otot-otot atria untuk berkontraksi dan memompa. Sinyal-sinyal elektrikyang sama ini kemudian berjalan ke AV node, area kecil di jantungyang melayani sebagai stasiun penerus elektrik antara atria danventricles. Dari AV node, sinyal-sinyal elektrik ini berjalan sepanjangjaringan-jaringan konduksi khusus untuk mencapai dinding-dindingdari ventricles, menyebabkan ventricles memompa.Normalnya, jantung dapat merubah jumlah darah yang diserahkanke tubuh dengan merubah frekwensi dari sinyal-sinyal yang berasaldari SA node. Ketika seseorang istirahat dan konsumsi oksigen tubuhrendah, frekwensi dari penghasilan sinyal oleh SA nodeberkurang, jadi melambatkan denyut jantung. Sewaktu latihan ataukegembiraan, frekwensi dari penghasilan sinyal oleh SA nodemeningkat dan denyut jantung mempercepat.
  17. 17. B. Apakah yang dimaksud : Trachycardia : keadaan dimana denyut jantung secara konsisten di atas 100 bpm ( denyut jantung terlalu cepat) Ventricle Vibrilation (ventricular fibrillation) : kondisi dimana jantung kehilangan irama denyutnya. Heart block (gagal jantung) : pemberhentian sirkulasi normal darah dikarenakan kegagalan dari ventrikel jantung untuk berkontraksi secara efektif pada saat sistol.

×