Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
Teori Pertukaran
Sosial
PENGERTIAN
Dikembangkan oleh Thibaut dan Kelley. Merupakan teori sosial yang
menjabarkan bagaimana cara seseorang berhubun...
KONSEP POKOK MENURUT THIBAULT DAN KELLY
 Ganjaran
Akibat yang dinilai positif yang diperoleh seseorang dalam suatu hubung...
Dasar Teori Pertukaran Sosial
Teori ini memiliki asumsi bahwa orang akan secara sukarela
memasuki dan tinggal dalam suatu ...
Asumsi Teori Pertukaran Sosial:
Asumsi-asumsi yang dibuat oleh teori pertukaran sosial mengenai sifat dasar
manusia adalah...
EVALUASI SEBUAH HUBUNGAN
OLEH THIBAULT DAN KELLEY
Level perbandingan(comparison
level)
Standar yang mewakili perasaan
meng...
Matriks Pertukaran Sosial
menurut Thibault dan kelly
 Matriks terkondisi (given matrix)
Presentasi pilihan-pilihan perila...
Teori pertukaran ini berfokus pada analisis tingkat mikro, utamanya
pada tingkat realitas sosial (interpersonal).
Namun bi...
Homans berpendapat lebih jauh bahwa penjelasan ilmiah harus difokuskan pada
perilaku nyata yang dapat diamati dan diukur s...
Levi-Strauss merupakan seorang antropolog yang berasal dari
Perancis, ia mengembangkan perspektif teoritis dalam pertukara...
Levi-Strauss membedakan dua sistem,yaitu:
1. Pertukaran dibatasi. Dalam pertukaran dibatasi, anggota kelompok
dyad yang te...
Kelebihan:
Akan menimbulkan suatu keadilan dalam masyarakat, takkan ada yang
merasa berat sebelah jika teori ini diterapka...
Contoh Kasus Teori Pertukaran Sosial
Ketika seorang perempuan dan seorang lelaki memutuskan untuk
memiliki hubungan, denga...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Teori pertukaran sosial

18,239 views

Published on

FIKOM UBJ - Presentasi teori pertukaran sosial

Published in: Education
  • Follow the link, new dating source: ❤❤❤ http://bit.ly/2F7hN3u ❤❤❤
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Dating direct: ♥♥♥ http://bit.ly/2F7hN3u ♥♥♥
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here

Teori pertukaran sosial

  1. 1. Teori Pertukaran Sosial
  2. 2. PENGERTIAN Dikembangkan oleh Thibaut dan Kelley. Merupakan teori sosial yang menjabarkan bagaimana cara seseorang berhubungan dengan orang lain, lalu seseorang itu dapat menentukan sebuah keseimbangan antara keuntungan dan pengorbanan yang didapatkan dari hubungan tersebut. (Burhan Bungin) Perilaku sosial terdiri atas setidaknya dua orang yang melakukan pertukaran berdasarkan untung-rugi yang disebut comparison levels. Teori ini dapat dipraktikkan dalam konteks komunikasi interpersonal, dan komunikasi kelompok kecil. Teori ini secara umum lebih sering digunakan untuk menganalisis perilaku komunikasi interpersonal.
  3. 3. KONSEP POKOK MENURUT THIBAULT DAN KELLY  Ganjaran Akibat yang dinilai positif yang diperoleh seseorang dalam suatu hubungan.  Biaya (costs) Akibat yang dinilai negatif yang terjadi dalam suatu hubungan, berupa waktu; usaha; konflik; kecemasan.  Laba (hasil ganjaran yang dikurangi biaya)  Tingkat perbandingan Menunjukkan ukuran baku yang dipakai sebagai kriteria dalam menilai hubungan individu  Nilai akhir
  4. 4. Dasar Teori Pertukaran Sosial Teori ini memiliki asumsi bahwa orang akan secara sukarela memasuki dan tinggal dalam suatu interaksi sosial dengan mempertimbangkan konsekuensi yang terjadi yaitu untung rugi. Pada dasarnya, dalam membangun sebuah interaksi sosial yang memungkinkan individu untuk memaksimalkan keuntungan yang diperoleh. Teori pertukaran sosial merupakan sebuah teori dalam ilmu sosial yang menyatakan bahwa ada unsur disiplin hubungan sosial, pengorbanan, mendapatkan dan saling mempengaruhi (reciprocal). Teori ini menjelaskan bagaimana manusia melihat hubungan dengan orang lain sesuai dengan asumsi.
  5. 5. Asumsi Teori Pertukaran Sosial: Asumsi-asumsi yang dibuat oleh teori pertukaran sosial mengenai sifat dasar manusia adalah sebagai berikut : 1. Manusia mencapai penghargaan dan menghindari hukuman. 2. Manusia adalah makhluk rasional. 3. Standar yang digunakan manusia untuk mengevaluasi pengorbanan (costs) dan penghargaan (reward) Asumsi-asumsi yang dibuat oleh teori pertukaran sosial mengenai sifat dasar dari suatu hubungan : 1. Hubungan memiliki sifat saling ketergantungan 2. Kehidupan berhubungan adalah sebuah proses
  6. 6. EVALUASI SEBUAH HUBUNGAN OLEH THIBAULT DAN KELLEY Level perbandingan(comparison level) Standar yang mewakili perasaan mengenai apa yang harus diterima dan dikorbankan dalam sebuah hubungan. Level perbandingan untuk alternatif Didasari pada individu yang lebih memilih meninggalkan hubungan yang memuaskan dan tetap tinggal pada hubungan yang kurang memuaskan.
  7. 7. Matriks Pertukaran Sosial menurut Thibault dan kelly  Matriks terkondisi (given matrix) Presentasi pilihan-pilihan perilaku dan hasil akhir yang ditentukan oleh kombinasi faktor eksternal dan internal.  Matriks efektif Presentasi perluasan perilaku alternatif atau hasil akhir yang akan menentukan pilihan perilaku dalam pertukaran sosial.  Matriks disposisional Presentasi pendapat dua orang atau lebih tentang bagaimana mereka harus saling bertukar penghargaan.
  8. 8. Teori pertukaran ini berfokus pada analisis tingkat mikro, utamanya pada tingkat realitas sosial (interpersonal). Namun bila di sisi lain mencoba untuk naik dari tingkat mikro, ke tingkat yang lebih makro, contohnya adalah dalam organisasi sosial. Homans berusaha untuk memperlihatkan bagaimana organisasi sosial yang lebih besar yang muncul dari proses pertukaran dasar. Berbeda dengan analisis yang diungkapkan oleh teori interaksi simbolik, teori pertukaran terutama melihat perilaku nyata, bukan hanya proses subjektif. Hal ini juga dianut oleh Homans dan bila tidak terfokus pada tingkat kesadaran hubungan subjektif atau timbal balik yang dinamis antara subjektif dan tingkat interaksi nyata seperti yang diterjadi pada interaksi berupa simbolik.
  9. 9. Homans berpendapat lebih jauh bahwa penjelasan ilmiah harus difokuskan pada perilaku nyata yang dapat diamati dan diukur secara empiris (empirik). Proses dari pertukaran sosial juga sudah diungkap oleh para ahli dari klasik sosial. Seperti diungkapkan dalam teori ekonomi klasik abad ke-18 dan 19 ekonomi seperti Adam Smith telah menganalisis ekonomi pasar sebagai akibat dari koleksi yang komprehensif dari jumlah transaksi ekonomi individu yang tidak dapat dilihat ukurannya. Dia mengasumsikan bahwa transaksi pertukuran akan terjadi hanya jika kedua belah pihak bisa mendapatkan keuntungan dari pertukaran, dan kesejahteraan masyarakat luas dapat dengan mudah diamankan jika individu yang tersisa untuk mengejar kepentingan pribadi melalui pertukaran pribadi dinegosiasikan.
  10. 10. Levi-Strauss merupakan seorang antropolog yang berasal dari Perancis, ia mengembangkan perspektif teoritis dalam pertukaran sosial. Dianalisisnya praktik pernikahan dan kekerabatan sistem masyarakat primitif. Dianalisisnya pola umum adalah orang yang menikahi putri saudara ibunya.
  11. 11. Levi-Strauss membedakan dua sistem,yaitu: 1. Pertukaran dibatasi. Dalam pertukaran dibatasi, anggota kelompok dyad yang terlibat dalam transaksi pertukaran langsung, masing- masing anggota pasangan saling memberikan dengan dasar pribadi. 2. Pertukaran umum. Dalam pertukaran umum, anggota triad atau lebih, menerima sesuatu dari pasangan lain dari orang yang dia berikan sesuatu yang berguna. Tujuan utama dari proses pertukaran ini tidak memungkinkan pasangan yang terlibat dalam pertukaran untuk memenuhi kebutuhan individualistik. Tapi untuk mengungkapkan komitmen moral individu untuk kelompok.
  12. 12. Kelebihan: Akan menimbulkan suatu keadilan dalam masyarakat, takkan ada yang merasa berat sebelah jika teori ini diterapkan karena teori ini membahas tentang bagaimana suatu hubungan sosial masyarakat bisa menyeimbangkan antara pengorbanan dan keuntungan yang didapatkan dari pihak lain. Disamping itu juga jika menerapkan teori ini maka hubungan dalam suatu masyarakat sosial ataupun individu akan tetap terjaga dan tidak akan ada yang merasa dirugikan. Kekurangan: Apabila seseorang menerapkan teori ini maka dikala seseorang tersebut memberikan atau melakukan sesuatu kepada orang lain maka penerima tersebut akan merasa risih menerima pemberian atau jasa yang telah dilakukan untuknya karna merasa apa yang telah dilakukan atau diberikan akan harus dibalas dengan yang demikian pula, sedangkan belum tentu si penerima mampu membalas apa yang telah dilakukan pemberi kepadanya. Disamping itu juga teori ini bisa saja membuat kita menjadi orang yang tidak ikhlas dalam melakukan sesuatu untuk seseorang karena terbiasa mengharapkan balasan atas apa yang telah dilakukan terhadap orang lain.
  13. 13. Contoh Kasus Teori Pertukaran Sosial Ketika seorang perempuan dan seorang lelaki memutuskan untuk memiliki hubungan, dengan mempertimbangkan berbagai hal mulai dari material sampai non-material. Memperkirakan perilaku yang akan didapat dari pasangan, apakah itu positif atau negatif. Seperti apa pengorbanan yang kira-kira akan dikeluarkan dalam menjalani hubungan tersebut. Dan jika salah satu atau bahkan kedua nya merasakan bahwa terdapat lebih banyak pengorbanan yang harus dikeluarkan dibanding dampak positif yang diterima, kemungkinan hubungan tersebut akan berakhir, dan mereka akan mencari hubungan dengan orang lain yang dirasa lebih sedikit memerlukan pengorbanan, namun membawa dampak positif yang banyak.

×