Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Analisa Beban Kerja Workload analysis

385 views

Published on

Agar bisa terus tumbuh, perusahaan membutuhkan pegawai sebagai sumber daya utamanya. Kebutuhan pegawai perusahaan itu sendiri disusun berdasarkan analisis beban Kerja

Published in: Recruiting & HR
  • Login to see the comments

Analisa Beban Kerja Workload analysis

  1. 1. WORKLOAD ANALYSIS Oleh : Yuda Mahendra Asmara #KELASCERDAS
  2. 2. “Yuda Mahendra Asmara Head of HR Development dan Talent Management - Learning & Development Manager - Knowledge Management Manager - People Development Specialist - Compensation & Benefit Spv - Performance Management Sistem Offcr - HR Information Sistem Offcr #KELASCERDAS
  3. 3. |Apa itu analisis beban kerja atau workload analysis? 3 Analisis beban kerja adalah serangkaian metode untuk menentukan dan menghitung beban kerja pada suatu posisi pekerjaan serta jumlah orang (pegawai) untuk mengisi posisi pekerjaan tersebut.  Tugas pokok  Fungsi  Analisa  Jobdesc  Infomasi Lain Analisis beban kerja (workload analysis).
  4. 4. 4 Tiga tahapan utama Penghitungan beban kerja | TahapAnalisa Beban Kerja PENYUSUNAN URAIAN TUGAS POKOK PERHITUNGAN BEBAN KERJA ANALISA BEBAN KERJA Dengan analisis beban kerja, perusahaan dapat mengidentifikasi kebutuhan SDM yang sebenarnya baik dalam hal kualitas maupun kuantitas, dan juga dalam jangka waktu panjang atau pendek. Selain itu, perusahaan pun dapat memastikan efektivitas dan efisiensi berbagai sumber daya perusahaan yang ada dan meningkatkan produktivitas perusahaan.
  5. 5. | Tahap penyusunan uraian tugas pokok Penyusunan uraian tugas pokok dan fungsi suatu posisi atau jabatan  Metode daftar pertanyaan Tahapan pertama yakni metode daftar pertanyaan yang dilakukan dengan cara menyusun daftar pertanyaan terbuka. Daftar pertanyaan tersebut berisi uraian tugas setiap pemegang posisi/jabatan.  Metode wawancara Dalam tahapan pertama dengan metode ini, dilakukan dengan cara mewawancarai setiap pegawai dan pemegang posisi/jabatan tentang tugas pokok dan fungsi tertentu mereka.  Metode observasi atau pengamatan langsung Metode satu ini berupa observasi atau pengamatan secara langsung pada seorang pemegang posisi atau jabatan. Bertujuan untuk mengetahui tugas apa saja dan bagaimana tugas seyogyanya dikerjakan oleh pemegang posisi/jabatan.
  6. 6. | Tahap penyusunan perhitungan beban kerja Setelah mengetahui uraian tugas pokok dan fungsi dari suatu posisi atau jabatan, Anda perlu menghitung beban kerja per waktu dan volume (porsi) kerja. Ada cara mudah untuk menghitung kebutuhan , yakni dengan Formula: Beban kerja / Rata2 waktu x 1 = Kebutuhan
  7. 7. | Pendekatan Analisis Beban Kerja Pendekatan organisasi Jenis pendekatan yang dilihat dari sudut pandang (susunan) organisasi ini akan menghasilkan pemahaman tugas dan fungsi tiap satuan kerja dan posisi, serta bagaimana sistem koordinasi yang dibutuhkan antar satuan kerja. Dalam kata lain, beban kerja individual serta kinerja kelompoknya dalam perusahaan. Pendekatan analisis jabatan Pendekatan analisis jabatan akan menghasilkan pemahaman jumlah, penempatan, dan penerimaan pegawai pada waktu yang sudah ditentukan. Dengan demikian, promosi, rewarding dan mutasi bisa dilakukan berdasarkan analisis beban kerja melalui pendekatan ini. Proses analisis dapat dilakukan dengan cara memilih beberapa pendekatan antara pendekatan organisasi, pendekatan analisis jabatan dan pendekatan administratif. Pendekatan administratif Dalam analisis beban kerja dengan pendekatan administratif, Anda dapat memperoleh berbagai kebijakan organisasi dan hal-hal yang yang ada sangkut pautnya dengan administrasi pegawai dalam perusahaan.
  8. 8. | Contoh Beberapa Contoh uraiann metode Analisa Beban Kerja
  9. 9. Thank You Yuda Mahendra Asmara 081211300400 Yudasmara11@gmail.com Yudasmara.wordpress.com

×