Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Karir di era digital

151 views

Published on

sharing webinar zoom alumni HR Bootcamp

Published in: Recruiting & HR
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Karir di era digital

  1. 1. TANTANGAN KARIER DI ERA DIGITAL INDUSTRI 4.0 Yuda M Asmara #SHARING 2020
  2. 2. PROFIL Head of HR Development & Talent Management Yuda M Asmara Kepala Bagian Pengembangan SDM & Manajemen Talenta PT.Permodalan Nasional Madani (Persero) HR Experience : - Talent Management - Learning & Development - Knowledge Management - People Development Specialist - Compensation & Benefit - Performance Management Sistem - HR Information Sistem Others : - Socipreneurship “padepokan bisnis ciawi” - Content Creator “youtube papaqusuth, - Blogger, Influencer “qusuth/yudasmara wordpress” - Trainer Softskill, Motivator Muda - Designer Poster/flyer/Tshirt/Logo/etc - Startup/web Developer “Eryestudio”
  3. 3. REVOLUSI INDUSTRY Revolusi Industri adalah keadaan dimana banyak aspek kehidupan yang terpengaruh oleh perubahan global tersebut.
  4. 4. REVOLUSI INDUSTRY Revolusi industri 1.0 adalah yang paling sering dibicarakan, yaitu proses yang dimulai dengan ditemukannya lalu digunakannya mesin uap dalam proses produksi barang. kelangkaan TENAGA yang semula mendominasi kesukaran manusia dalam berlayar, dalam memproduksi, mendadak lenyap. Tenaga tidak lagi dipasok cuma oleh otot, angin, dan air terjun, tapi juga oleh mesin uap yang jauh lebih kuat, lebih fleksibel, dan lebih awet.
  5. 5. REVOLUSI INDUSTRY Revolusi industry 2.0 yang terjadi di awal abad ke-20. produksi sudah menggunakan mesin, Munculnya pabrik Pabrik namun proses produksi masih belum modern. Adanya produksi massal (mass production). Perubahan dari masyarakat agraris menjadi masyarakat industri dipicu karena adanya perang dunia I dan II. Karena kebutuhan perang Ribuan tank, pesawat, dan senjata-senjata tercipta dari pabrik-pabrik yang menggunakan lini produksi tersebut.
  6. 6. REVOLUSI INDUSTRY Revolusi industri 3.0 m dipicu oleh mesin yang bergerak, yang berpikir secara otomatis: komputer dan robot. Proses ini disebut “Otomatisasi” semuanya jadi otomatis, tidak memerlukan manusia lagi. Artinya, sekali lagi terjadi penurunan kelangkaan sumber daya manusia, terbebasnya ribuan tenaga kerja untuk pekerjaan – pekerjaan lain.
  7. 7. REVOLUSI INDUSTRY Revolusi Industri 4.0 adalah revolusi berbasis Cyber Physical System yang secara garis besar merupakan gabungan tiga domain yaitu : - DIGITAL - FISIK - BIOLOGI Menurut : World Economic Forum (WEF) Ditandai dengan Munculnya : Artificial intelligence, mobile supercomputing, intelligent robot, self-driving cars, neuro- technological brain enhancements, era big data yang membutuhkan kemampuan cybersecurity, era pengembangan biotechnology dan genetic editing (manipulasi gen).
  8. 8. PERUBAHAN ERA DIGITAL DI INDONESIA Pertumbuhan teknologi informasi saat ini sangat pesat, dilihat dari banyak pola kehidupan yang diubah menjadi berbasis digital. Ojek online, Toko Online, Taxi Online, Mall online, kerja online bahkan kuliah Online, dll
  9. 9. TANTANGAN DI REVOLUSI INDUSTRY 4.0 Indonesia harus siap untuk menyambut Industri 4.0, Kecepatan perubahannya akan 10 kali lebih dan dampaknya 300 kali lebih luas “ "Riset dari McKinsey menyebutkan 2030 400-800 juta pekerjaan akan hilang di seluruh dunia”. Di saat yang bersamaan juga akan create more new jobs 900 juta pekerjaan. Jadi lebih banyak yang baru sebenarnya "Banyak mengatakan industri 4.0 banyak pekerjaan yang hilang. Memang banyak pekerjaan hilang tapi timbul job baru, pekerjaan baru," Jusuf Kalla
  10. 10. Pekerjaan / Posisi yang akan hilang di era Digital
  11. 11. Pekerjaan / Posisi yang akan hilang di era Digital
  12. 12. Soft skill menjadi salah satu faktor paling penting untuk dimiliki para pekerja di masa depan, seperti kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain, memecahkan masalah, serta aspek kecerdasan emosional lainnya. Dengan Softkill generasi milenial ke depan bisa lebih mampu beradaptasi secara cepat terhadap perubahan dan memiliki bekal mumpuni untuk menghadapi masa depan dan pengembangan karirnya di tengah geliat revolusi industri 4.0.
  13. 13. Peluang Pekerjaan Di era Digital
  14. 14. Peluang Pekerjaan Di era Digital  Pemerintah melalui Menteri Tenaga Kerja tengah mempersiapkan penyempurnaan UU No 13 Tahun 2003, Salah satu fokus yang akan dirangkum adalah mengenai kompetensi dan produktivitas tenaga kerja dalam era digital, SKKNI SDM  Tanpa peningkatan skill, mustahil seorang pekerja bisa terus menerus bertahan mengerjakan pekerjaan repetitif yang memiliki potensi besar digantikan digitalisasi dan automasi di masa mendatang.
  15. 15. THANK YOU.

×