Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

SENI ANYAMAN

48,247 views

Published on

PENJELASAN SENI ANYAMAN secara terperinci.

Published in: Education
  • Login to see the comments

SENI ANYAMAN

  1. 1. SENI ANYAMAN Oleh : • Aulia Rohmah • Dwita Safira P • Miranda Rose M • Saskia Dewi • Yunica Murti N () () () () () SMA NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014
  2. 2. DEFINISI  Anyaman merupakan proses merajut dan menyilangkan dengan bahan dasar alam berserat seperti bambu, rotan, daun-daunan (enceng gondok, daun lontar, daun pandan) yang ditipiskan terlebih dahulu kemudian dijalin membentuk ikatan kuat dengan pola tertentu.
  3. 3. SEJARAH SENI ANYAMAN  Seni anyaman telah berkembang sejak ribuan tahun, tepatnya pada masa Neolitikum (masa bercocok tanam). Saat itu masyarakat purba telah memanfaatkan akar dan rotan yang telah dibasahi terlebih dahulu agar lunak dan mudah dijalin menjadi tali simpul sederhana yang digunakan untuk mengikat hasil bumi dan ternak mereka.
  4. 4. SEJARAH SENI ANYAMAN  Dahulu di Indonesia anyaman digunakan oleh para raja. Anyaman tersebut dinamakan ‘Tikar Raja’ yang dibuat dari pohon bemban. Sehingga kini beberapa daerah di Indonesia khususnya di Jawa Barat masih terus aktif menjalankan kegiatan anyaman di tingkat kampung.
  5. 5. ALAT MEMBUAT SENI ANYAMAN Pisau pemotong  Pisau penipis  Tang  Catut bersungut bundar  Cat vernis  
  6. 6. BAHAN MEMBUAT SENI ANYAMAN Bambu  Rotan  Daun yang seratnya dapat ditipiskan. contoh : eceng gondok, daun pandan, daun lontar. 
  7. 7. BERDASARKAN CIRI FISIK  Anyaman datar. Dibuat datar dan pipih dalam bentuk visual 2 dimensi. Contoh anyaman datar : tikar, dinding rumah tradisional (dikenal sebagai dinding bilik), partisi pembatas ruangan dan lainnya.  Anyaman tiga dimensi. Kerajinan ini berbentuk benda visual yang terus berkembang jenis produknya menjadi benda-benda yang lebih bernilai seperti sandal, kursi, tas lampu lampion dan tempat wadah.  Makrame. Merupakan jenis seni simpul menyimpul bahan dengan bantuan alat pengait yang berfungsi seperti jarum. Kelihaian tangan dalam menyimpul bahan merupakan teknik utama untuk menciptakan sambungan menjadi sebuah karya kerajinan. Contoh kerajinan yang menggunakan teknik Makrame : taplak meja, mantel baju, keset kaki.
  8. 8. TEKNIK DASAR MENGANYAM 1) 2) 3) Anyaman Tunggal Anyaman Ganda Anyaman Istimewa (gabungan)
  9. 9. 3 TEKNIK DASAR INI DAPAT DIKEMBANGKAN MENJADI BERBAGAI CORAK, SEPERTI BERIKUT :
  10. 10. KENDALA SENI ANYAMAN  Kendala terbesar pengrajin adalah bahan baku, sehingga mereka harus mencari ke Jawa Tengah sampai Jawa Timur
  11. 11. PROSES PEMBUATAN ANYAMAN BAMBU  1)   Dapat dilakukan jika bambu sudah berbentuk lembaran seperti pita, tidak semua jenis bambu dapat digunakan untuk anyaman. Bambu yang akan digunakan untuk anyaman harus melalui tahap pengolahan, sebagai berikut : Memilih bambu Bukan sembarang bambu yang dapat digunakan untuk menganyam, terdapat beberapa syarat ; antara lain : Bambu harus memiliki serat yang halus, umumnya jenis bambu tali. Bambu berumur satu tahun agar memenuhi kualitas anyaman yaitu tidak getas (cepat patah) dan liat (alot).
  12. 12. 2) Memotong bambu Bambu dipotong sepanjang dua samapi tiga ruas, kemudian dibersihkan bagian dalamnya dengan mengamplas. 3) Membelah tipis Bambu selanjutnya diiris tipis-tipis dan disamakan ukurannya.
  13. 13.  4) Menghaluskan Bambu yang sudah diiris kemudian dihaluskan dan dihilangkan bulu2 bambu dengan membakarnya. Jika di perlukan di rendam terlebih dahulu kemudian dijemur hingga kering untuk kemudian dicat.
  14. 14. 5) Mengecat Langkah terakhir pada proses anyaman bambu adalah memberi zat warna/pengkilat dengan menggunakan cat.
  15. 15. 6) Menganyam Bambu Setelah dicat, maka bambu siap dianyam. Proses pengecatan juga dapat dilakukan setelah penganyaman. Hal ini tergantung kepada kebutuhan pengrajin.

×