Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Tugas 2 - Rekayasa Web

142 views

Published on

Nama : ARIS JUNEDI
NIM : 1311510919

Published in: Education
  • Login to see the comments

  • Be the first to like this

Tugas 2 - Rekayasa Web

  1. 1. TUGAS 2 – REKAYASA WEB NAMA : ARIS JUNEDI NIM : 1311510919
  2. 2. XML XML (Extensible Markup Language) adalah bahasa markup untuk keperluan umum yang disarankan oleh W3C untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. XML didesain untuk mampu menyimpan data secara ringkas dan mudah diatur. Kata kunci utama XML adalah data (jamak dari datum) yang jika diolah bisa memberikan informasi.
  3. 3. CONTOH XML <?xml version="1.0" encoding="UTF-8"?> <Resep nama="roti" waktu_persiapan="5 menit" waktu_masak="3 jam"> <judul>Roti tawar</judul> <bahan jumlah="3" satuan="cangkir">tepung</bahan> <bahan jumlah="0,25" satuan="ons">ragi</bahan> <bahan jumlah="1,5" satuan="cangkir">air hangat</bahan> <bahan jumlah="1" satuan="sendok teh">garam</bahan> <Cara_membuat> <langkah>Campur semua bahan dan uleni adonan sampai merata.</langkah> <langkah>Tutup dengan kain lembap dan biarkan selama satu jam di ruangan yang hangat.</langkah> <langkah>Ulangi lagi, letakkan di loyang dan panggang di oven.</langkah> <langkah>Keluarkan, hidangkan</langkah> </Cara_membuat> </Resep>
  4. 4. JSON JSON (JavaScript Object Notation) adalah format pertukaran data yang ringan, mudah dibaca dan ditulis oleh manusia, serta mudah diterjemahkan dan dibuat (generate) oleh komputer. Format ini dibuat berdasarkan bagian dari Bahasa Pemprograman JavaScript, Standar ECMA-262 Edisi ke-3 - Desember 1999. JSON merupakan format teks yang tidak bergantung pada bahasa pemprograman apapun karena menggunakan gaya bahasa yang umum digunakan oleh programmer keluarga C termasuk C, C++, C#, Java, JavaScript, Perl, Python dll.
  5. 5. CONTOH JSON { "namaDepan": "Budi", "namaBelakang": "Sbudi", "alamat": { "namaJalan": "Jl. Sudirman 15A", "kota": "Jakarta Selatan", "provinsi": "DKI Jakarta", "kodePos": 11111 }, "nomerTelepon": [ "021 555-1234", "021 555-4567" ] } JSON untuk suatu objek yang mendeskripsikan seseorang :
  6. 6. PERBEDAAN MENDASAR ANTARA HTML DAN XML • XML bukan merupakan pengganti HTML. • XML dan HTML yang dirancang dengan tujuan yang berbeda: - XML dirancang untuk transportasi dan menyimpan data, dengan fokus pada apa data. - HTML dirancang untuk menampilkan data, dengan fokus pada bagaimana data terlihat. - HTML adalah tentang menampilkan informasi, sedangkan XML adalah membawa informasi
  7. 7. JAVASCRIPT JavaScript adalah sekumpulan perintah khusus yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web yang lebih responsif dan interaktif. JavaScript merupakan bahasa script yang dicantumkan pada sebuah halaman web dan dijalankan pada penjelajah web (web browser). JavaScript terutama terkenal karena penggunaannya di halaman web yang memberikan kemampuan tambahan pada HTML dengan mengizinkan pengeksekusian perintah di sisi user (penjelajah web), bukan di sisi server web.
  8. 8. CONTOH JAVASCRIPT <!DOCTYPE html> <html> <head> <script> function displayDate() { document.getElementById("demo").innerHTML=Date(); } </script> </head> <body> <h1>Belajar JavaScript</h1> <p id="demo">Klik Tombol Tampilkan Tanggal dibawah untuk melihat tanggal sekarang.</p> <button type="button" onclick="displayDate()">Tampilkan Tanggal</button> </body> </html> Penjelasannya : yang berwarna MERAH adalah script/code JavaScript yang diletakkan pada halaman web. ketika Tombol "Tampilkan Tanggal" ditekan maka akan terjadi perubahan seperti gambar di bawah ini yaitu akan menampilkan tanggal/waktu sekarang. Berikut adalah outputnya
  9. 9. ISTILAH FRONT END DAN BACK END PADA SOFTWARE DEVELOPMENT Frontend mengacu pada setiap aspek dari proses desain yang muncul dalam atau berhubungan langsung dengan browser yang berkaitan dengan desain antarmuka website. Tugas-tugas berikut umumnya dianggap sebagai tugas frontend: • Desain grafis dan pembuatan gambar • Desain antarmuka • Desain Informasi seperti berkaitan dengan pengalaman pengguna dari situsnya • Dokumen HTML dan pengembangan style sheet dengan CSS • JavaScript dan jQuery Frontend biasanya terdiri dari dua bagian: desain web dan pengembangan web frontend.
  10. 10. ISTILAH FRONT END DAN BACK END PADA SOFTWARE DEVELOPMENT Backend mengacu pada program dan skrip yang bekerja pada server di balik layar untuk membuat halaman web yang dinamis dan interaktif. Secara umum, pengembangan backend web berada di tangan programmer berpengalaman, tapi itu baik untuk semua desainer web agar terbiasa dengan fungsi backend. Tugas-tugas berikut yang umumnya berlangsung pada backend: • Desain informasi seperti berkaitan bagaimana informasi diatur di server • Pemrosesan form • Pemograman database • Content management systems • Aplikasi berbasis web server lain menggunakan PHP, JSP, Ruby, ASP.NET, Java, dan bahasa pemograman lainnya Backend biasanya terdiri dari tiga bagian: server, aplikasi, dan database.

×