Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Ekonomi - Pasar Persaingan Sempurna

462 views

Published on

tugas ekonomi,semoga bermanfaat terima kasih

Published in: Education
  • Login to see the comments

Ekonomi - Pasar Persaingan Sempurna

  1. 1. EMBUN AGRESI ERISA NUR UTAMI OKTAVILA NAULI SINURAT RAFIDA NABILA PUTRI RIA SALVANI WAHYU BAGUS RIZKIAWAN KELOMPOK 1
  2. 2. Pasar Persaingan Sempurna
  3. 3. Pengertian Pasar Persaingan Sempurna  Pasar persaingan sempurna disebut juga pasar persaingan murni.  Pasar persaingan sempurna adalah suatu pasar dimana terdapat interaksi antara permintaan dan penawaran yang ditandai oleh jumlah produsen dan konsumen yang banyak.  Pasar persaingan sempurna merupakan pasar di mana penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga, sehingga harga di pasar benar-benar merupakan hasil kesepakatan dan interaksi antara penawaran dan permintaan.
  4. 4. Ciri – ciri Pasar Persaingan Sempurna 1) Terdapat banyak penjual(perusahaan) dan pembeli. 2) Barang yang diperjualbelikan bersifat sejenis (homogen). 3) Penjual maupun pembeli memiliki informasi yang lengkap tentang pasar. 4) Harga ditentukan oleh mekanisme permintaan dan penawaran. 5) Tidak ada campur tangan dari pemerintah. 6) Tiap perusahaan mudah keluar atau masuk
  5. 5. Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna  Konsumen akan memperoleh kepuasan yang maksimal.  Produsen akan memperoleh keuntungan yang maksimal karena dapat menjual sebanyak- banyaknya.  Untuk memasarkan produknya, produsen tidak memerlukan iklan.  Adanya satu harga.  Tidak tampak kegiatan saling menyaingi antar penjual.
  6. 6. Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna  Barang yang diperjualbelikan bersifat homogen dan kurang variatif sehingga konsumen akan cepat merasa bosan.  Tidak adanya inovasi dan pengembangan produk yang dilakukan perusahaan karena sebagian besar yang ikut dalam pasar persaingan sempurna adalah perusahaan kecil.  Pekerja manerima gaji atau upah yang rendah.
  7. 7. Contoh – Contoh Pasar Persaingan Sempurna Pasar Sayur Pasar Pakaian Pasar Buah Pasar Beras

×