Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Ppt psikologi

709 views

Published on

ppt

  • Be the first to comment

Ppt psikologi

  1. 1. KELOMPOK 3 NAMA KELOMPOK: 1. EFSIWULANDARI 2. JELAAKBAR 3. JUSMIKAWATI 4. LIZA AGUSTINA PSIKOLOGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA
  2. 2. HOME
  3. 3. DEVINISI BELAJAR Belajar adalah kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam penyelenggaraan setiap jenis pembelajaran dan jenjang pendidikan.
  4. 4. PERAN PENTING BELAJAR belajar hampir selalu mendapat tempat yang luas dalam berbagai disiplin ilmu yang berkaitan dengan upaya kependidikan, misalnya psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Karena demikian pentingnya arti belajar, maka bagian terbesar upaya riset dan eksperimen psikologi belajar pun diarahkan pada tercapainya pemahaman yang lebih
  5. 5. orang beriman agar memperoleh ilmu pengetahuan yang akan mengangkat derajat kehiduan mereka. Kewajiban ini difirmankan Allah dalam Al-Quran surat Mujadalah ayat 11, yang artinya : “ . . . niscaya Allah akan meninggikan beberapa derajat kepada orang-orang yang beriman dan berilmu.” Ilmu dalam hal ini tentu saja bukan hanya pengetahuan agama tetapi juga berupa pengetahuan yang berjalan seriring kemajuan zaman. Selain itu, ilmu tersebut juga harus bermanfaat bagi dirinya serta orang-orang di sekitarnya.
  6. 6. TEORI-TEORI POKOK BELAJAR terdapat empat macam arus besar teori belajar, yaitu : a. Aliran Behaviorisme b. Aliran Kognitif c. Aliran Humanistis d. Aliran Kontruktivisme
  7. 7. Teori Belajar Menurut Para Ahli Psikologi 1. Teori belajar Van Hiele Dua tokoh pendidikan matematika dari Belanda, yaitu Pierre Van Hiele dan isterinya, Dian Van Hiele-Geldof, pada tahun-tahun 1957 sampai 1959 mengajukan suatu teori mengenai proses perkembangan yang dilalui peserta didik dalam mempelajari geometri.
  8. 8. Tahapan berpikir atau tingkat kognitif yang dilalui peserta didik dalam pembelajaran geometri, menurut Van Hiele adalah sebagai berikut: a. Level 0 (Tingkat Visualisasi) b. Level 1 (Tingkat Analisis) c. Level 2 (Tingkat Abstraksi) d. Level 3 (Tingkat Deduksi Formal) e. Level 4 (Tingkat Rigor)
  9. 9. 2. Teori Belajar Freudenthal . Freudenthal berpendapat bahwa peserta didik tidak dapat dipandang sebagai penerima pasif matematika yang sudah jadi. Pendidikan matematika harus diarahkan pada penggunaan berbagai situasi dan kesempatan yang memungkinkan peserta didik menemukan kembali (reinvention) matematika berdasarkan usaha mereka sendiri.
  10. 10. 3. Teori Belajar Confrey Confrey adalah seorang ahli psikologi yang berasal dari aliran kontruktivisme yang berkontribusi dalam dunia pendidikan, menawarkan suatu powerfull construction dalam matematika. Dalam mengkonstruksi ia mengidentifikasikan sepuluh karakteristik powerfull construction berpikir peserta didik. Powerfull construction tersebut ditandai oleh: a. Sebuah struktur dengan ukuran kekonsistenan internal b. Suatu keterpaduan antar bermacam – macam konsep c. Suatu kekonvergenan diantara aneka bentuk dan konteks d. Kemampuan untuk merefleksikan dan menjelaskan e.Sebuah kesinambungan sejarah f. Terikat kepada bermacam-macam sistem simbol g.Suatu yang cocok dengan pendapat experts (ahli) h.Suatu yang potensial untuk bertindak sebagai alat untuk konstruksi lebih lanjut i. Sebagai petunjuk untuk tindakan selanjutnya j. Suatu kemampuan untuk menjustifikasi dan mempertahankan.
  11. 11. 4. Teori BelajarCobb Menurut Cobb (Suherman,2001:71) bahwa belajar matematika merupakan proses dimana peserta didik secara aktif mengkonstruksi pengetahuan matematika. Para ahli konstruktivis setuju bahwa belajar matematika manipulasi aktif dari pemaknaan bukan hanya bilangan dan rumus-rumus saja. Lebih jauh lagi para ahli konstruktivis merekomendasikan untuk menyediakan lingkungan belajar dimana peserta didik dapat mencapai konsep dasar, keterampilan algoritma dan kebiasaan bekerja sama dan refleksi
  12. 12. . 5. Teori Belajar Treffers Treffers mengklasifikasikan pendidikan matematika berdasarkan horizontal dan vertikal mathematization(matematisasi) ke dalam empat tipe: a. Mechanistic atau ‘pendekatan traditional’. b. Empiristicatau ‘dunia adalah realitas’ c. Structuralist atau ‘Matematika modern’. d. Realistic 6.Teori belajar polya 7.Teori belajar zahorik
  13. 13. 7. Teori Belajar Zahorik Zoharik adalah seorang ahli psikologi kontruktivisme yang berperan penting dalam perkembangan model pembelajaran kontekstual.
  14. 14. Implementasi Teori Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Berbagai teori belajar diatas dapat diimplementasikan pada proses belajar-mengajar. Pemakalah mengambil satu cotoh aliran yang akan diimplementasikan yaitu Aliran Kontruktivisme. Menurut konstruktivis secara substantif, belajar matematika adalah proses pemecahan masalah. Dalam hal ini fokus utama belajar matematika adalah memberdayakan peserta didik untuk berpikir mengkonstruksi pengetahuan matematika yang pernah ditemukan oleh ahli sebelumnya. Evaluasi dalam pembelajaran matematika secara konstruktivis terjadi sepanjang proses pembelajaran berlangsung (on going assesment).
  15. 15. Jazakallahu kha

×