Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Keolompok 3 xi iis 1 ppt

3,532 views

Published on

  • Follow the link, new dating source: ♥♥♥ http://bit.ly/36cXjBY ♥♥♥
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Sex in your area is here: ❤❤❤ http://bit.ly/36cXjBY ❤❤❤
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here

Keolompok 3 xi iis 1 ppt

  1. 1. KELOMPOK 3 XI IIS 1 1. Anindya Muliawati XI IIS 1/03 2. Erfi Dwi Indriastuti XI IIS 1/09 3. Harist Al Hakim XI IIS 1/15 4. Novia Dini A XI IIS 1/22
  2. 2. STRUKUR CERPEN JURU MASAK 1. Abastrak Pada tahapan ini, pengarang memberikan ringkasan atau inti cerita yang akan dikembangkan menjadi rangkaian peristiwa yang dialami tokoh imajinasinya. Damhuri Muhammad menggambarkan seorang juru masak bernama Makaji yang sangat terkenal di kampungnya. Tanpa campur tangannya dalam meracik bumbu masakan, sebuah perhelatan akan dinilai tidak sukses karena tidak behasil menyuguhkan para tamunya makanan yang lezat. Begitulah pentingnya kehadiran Makaji dalam dunia masak-memasak di kampung itu, sehngga tidak ada yang bisa menggantikannya.
  3. 3. 2. Orientasi Tahapan ini merupakan struktur yang berisi pengenalan latar cerita berkaitan dengan waktu, ruang, dan suasana terjadinya peristiwa dalam cerpen. Pada cerpen tersebut digambarkan bahwa waktu yang terjadi adalah beberapa tahun yang lalu saat pesta perkawinan Gentasari dengan Rustamadji yang digelar selama tiga hari. Suasana yang tergambar adalah suasana tegang serta kecewa antara pihak mempelai pria dengan pihak mempelai wanita. Hal tersebut dikarenakan pihak mempelai pria merasa dibohongi oleh pihak mempelai wanita yang semula sudah berjanji bahwa semua urusan masak-memasak selama kenduri berlangsung akan dipercayakan kepada Makaji, tetapi pada kenyataannya juru masak pada pesta perkawinan tersebut bukan Makaji.
  4. 4. 3. Komplikasi Tahap ini berisi urutan kejadian dan setiap kejadian itu hanya dihunbungkan dengan sebab akibat dengan maksud setiap peristiwa mengakibatkan suatu peristiwa lain terjadi. Dalam komplikasi, terdapat berbagai kerumitan bermunculan. Dalam cerpen diceritakan bahwa Azrial, putra sulung Makaji menyarankan Makaji untuk berhenti menjadi juru masak karena usianya yang sudah tua. Tetapi Makaji menolaknya, kemudian Azrial menawarkan Makaji untuk menjadi juru asak di rumah makan milik Azrial. Tawaran inilah yang sudah ditunggu-tunggu oleh Makaji untuk lebih dekat dengan anaknya pada usia tuanya. Makaji menyanggupi penawaran Azrial, tetapi kesanggupan Makaji adalah setelah pernikahan Renggogeni putri dari Mangkudun. Hal ini membuat Azrial membuka kenangan buruknya dengan Renggogeni karena ketidak setujuan Mangkudun dengan cinta Renggageni dan Azrial.
  5. 5. 4. Evaluasi Tahap ini adalah tahap leraian serta konflik yang terjadi diarahkan pada pencerahannya sehingga mulai tampak penyelesaiannya. Dalam cerpen tergambar bahwa derajat Azrial memang tidak bisa diandalkan, tatapi tidak sepantasnya Mangkudun memandang Azrial seperti itu. Hal ini yang menyebabkan Azrial dengan berat hati melupakan Renggogeni dan pergi dari kampung membawa luka hati.
  6. 6. 5. Resolusi Tahapan ini akan diungkapkan oleh pengarang cerpen tersebut bagaimana solusi dan berbagai konflik yang dialami oleh tokoh. Diceritakan bahwa pada awal perantauan, Azrial hanya seorang pencuci piring di rumah makan seorang perantau dari Lareh Pajang. Karena tidak ingin selalu bergantung, Azrial berjuang keras bertahun-tahun yang akhirnya membuahkan hasil yang manis hingga ia memiliki enam rumah makan dengan dua puluh empat anak buah. Walaupun kesuksesan telah dicapainya, Azrial tetap sederhana serta masih membujang, hal ini kemungkinan disebabkan karena ia belum mampu melupakan Renggogeni atau memang ia belum benar-benar melupakan perempuan itu.
  7. 7. 6. Koda Dalam tahapan ini terdapat nilai – nilai atau pelajaran yang dapat dipetik oleh pembaca dari cerpen tersebut. Di dalam cerita tersebut diceriakan bahwa Azrial menjemput Makaji dua hari sebelum pernikahan Renggogeni berlangsung. Hal ini menyebabkan rasa kehilangan bagi masyarakat Lareh Pajang, khsususnya Renggogeni yang akhirnya menguak kisah sedih landasan cintanya dengan Azrial yang saat ia (Renggogeni) telah depersunting lelaki lain.
  8. 8. KATA SULIT  Perhelatan : pesta perkawinan  Helat : tipu muslihat ; tipu daya  Tabiat : watak  Hengkang : pergi  Dengung : terdengar  Piuh : sulit  Musabah : yang menyebabkan  Kempuh : empuk  Pembatang : pembatas
  9. 9. GAYA BAHASA  Metafora : Walau terasa semanis gula, tak bakal langsung direguknya, meski sepahit empedu tidak pula buru-buru dimuntahkannya.  Personifikasi : - Tetapi macam-macam hidangan tidak menggugah selera. - Milik seorang perantau dari Larah Pajang yang lebih dulu mengadu untung di Jakarta.  Sinekdokhe Pars prototo: Menyembelih tiga belas ekor kambing.  Sinekdokhe Totem proparte : Milik seorang perantau dari Larah Pajang yang lebih dulu mengadu untung di Jakarta.  Majas Retoris : Apa susahnya mendatangkan Makaji ?
  10. 10. Menginterpretasi Makna Teks “Juru Masak” 1. Latar Belakang Pengarang Damhuri Muhammad lahir di Taram, Payakumbuh, Sumatera Barat. Seperti gambaran dalam cerpen tersebut orang yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat dikenal dengan sebutan orang Minang atau Minangkabau. Kebanyakan dari orang Minang memiliki etos kerja kewirausahaan yang tinggi. Sehingga dalam dunia kewirausahaan mereka sukses, khususnya dalam bidang kuliner. Mereka mendirikan rumah makan yang biasa kita kenal dengan Rumah Makan Padang.
  11. 11. HUBUNGAN LATAR BELAKANG DENGAN CERITA  Dari latar belakang pengarang cerpen dapat dikaitkan dengan fakta yang ada. Kebanyakan dari orang Minang bekerja dalam kuliner. Dalam cerpen Juru Masak digambarkan etos kerja dari Makaji. Makaji sudah bertahun-tahun menjadi juru masak di daerahnya. Hingga mereka hafal dengan tipe masakan Makaji. Kerja kerasnya berbuah manis dan ketika masa tuanya datang ia masih dibutuhkan. Begitu pula dengan anaknya yang bernama Azrial. Azrial merantau di Jakarta dengan memulai dari nol menjadi tukang cuci di rumah makan. Hingga sekarang menjadi pengusaha rumah makan yang mempunyai cabang-cabang dan pegawai yang banyak.
  12. 12. KAITAN FAKTA DENGAN CERITA  Semangat kerja  Makanan Padang  Wiraswasta  Mengadu nasib di perantauan. TOKOH  Azril dan Makaji

×