Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
Upcoming SlideShare
Media Pembelajaran TIK
Media Pembelajaran TIK
Loading in …3
×
1 of 7

Related Books

Free with a 30 day trial from Scribd

See all

Related Audiobooks

Free with a 30 day trial from Scribd

See all

Materi kelas 7 sistem operasi

  1. 1. Sistem operasi (bahasa Inggris: operating system ; OS) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka.
  2. 2. fungsi perangkat lunak atau operating system merupakan penengah antara perangkat keras dengan perangkat lunak yang telah dibuat oleh pengguna komputer. Perangkat lunak ini dibagi menjadi beberapa tingkatan, yaitu tingkatan program aplikasi (misalnya Microsoft Office), tingkatan sistem operasi (misalnya Microsoft Windows), tingkatan bahasa pemrograman (yang dibagi lagi atas bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan), perangkat lunak utility, dan perangkat lunak program paket.
  3. 3. Operating System (OS) diperkenalkan pertama kali dan dikembangkan untuk komputer IBM 701 pada tahun 1945. Pada waktu itu, tujuan utama dari OS adalah untuk mengurangi waktu menganggur (idle time) dari CPU dan digunakan untuk menjalankan beberapa tugas komputer bersama-sama dengan cara dikumpulkan terlebih dahulu. Fungsi utama sistem operasi adalah sebagai berikut. 1. Menyimpan program dan aksesnya. 2. Mengatur Memori 3. Membagi tugas di dalam CPU. 4. Merekam sumber data (mengatur penyimpanan hard disk) 5. Mengatur memori (termasuk menyimpan, menghapus, dan mendapatkan data) 6. Memeriksa kesalahan sistem. 7. Memelihara keamanan sistem khusus pada jaringan yang memerlukan password (kata kunci).
  4. 4. Macam-Macam Sistem Operasi Sistem Operasi adalah bagian dari software dari sistem komputer. Sistem Operasi untuk komputer 1. UNIX Sistem operasi yang paling awal ada untuk komputer. Merupakan induk dari sistem operasi linux. 2. DOS Sistem operasi yang merupakan cikal bakal dari microsoft Windows. Ciri khasnya yaitu berupa teks putih dengan latar belakang hitam. Kita bisa menjalankan lewat Start Windows – Run, lalu ketik cmd. 3. Novell Operating Sistem Dibuat oleh Novell Corporation. 4. Microsoft Windows Merupakan sistem operasi yang paling populer. Hampir semua orang pernah memakainya. Beberapa versi microsoft Windows yang terkenal: microsoft Windows 98, 2000, Me, XP, Vista, dan yang paling terbaru Windows 7.
  5. 5. 5. Apple Machintos System operasi yang unggul dalam hal grafik. Memerlukan hardware khusus sehingga tidak dapat di-install di computer biasa. Versinya antara lain Mac OS X (Tiger), Leopard. 6. Linux Pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvald. Merupakan sistem operasi open source artinya bisa dikembangkan oleh semua orang dengan bebas. Turunan linux atau yang dikenal dengan distro linux banyak sekali macamnya. Mungkin linux merupakan sistem operasi yang paling banyak. Beberapa di antaranya yaitu: Debian, Suse, Red Hat (Fedora), Slackware, Ubuntu, Backtrack, dan lain-lain 7. Solaris Dikembangkan oleh Sun Microsystem. Lebih banyak digunakan untuk perusahaan. 8. Free BSD Dibuat oleh Universitas Berkeley. Hampir sama seperti linux.

×