Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Benua dan samudra

  • Login to see the comments

Benua dan samudra

  1. 1. BENUA DAN SAMUDRA Oleh : Nur Ariyani Jurusan Pendidikan IPS/Geografi UIN SYARIF HIDAYATULLAH
  2. 2. BENUA Hamparan daratan yang sangat luas yang pada bagian tengahnya bersifat kering karena tidak mendapat pengaruh dari angin laut yang basah dan lembab.
  3. 3. Menurut pembentukannya benua di permukaan bumi telah mengalami pergeseran dan perubahan bentuk. Sekitar th. 1900 para ahli geologi telah mengetahui bahwa kerak bumi bagian luar mengapung diatas lapisan yang lunak (astenosfer).
  4. 4. Beberapa teori tentang gerakan yang disampaikan oleh para ahli antara lain : 1. Menurut Alfred Wagener, dalam bukunya “Die Enstehung der Kontinente und Ozeane” (Asal-usul Benua) 1915 pertama kali mengungkap teori pergeseran benua. Menurutnya di permukaan bumi pada mulanya hanya ada satu benua yaitu Pangea dan satu samudra yaitu Tethys.
  5. 5. Pada zaman Trias akhir, Pangea pecah menjadi 2 benua besar yaitu Gondwana dan Laurasia. Pada zaman Karbon (65 juta th,yl) pemisahan benua sudah tampak seperti sekarang, tetapi daratan India belum bersatu dengan Asia. Selanjutnya benua-benua pecah dan bergeser dengan kecepatan 3 – 13 cm per tahun hingga pada bentuk sekarang.
  6. 6. Proses Pecahnya Benua Pangea Proses pecahnya benua Pangea ini terjadi sekitar 135 juta tahun lalu dan menjadi 2 yakni, 1. Benua Laurasia bagian barat bergerak ke utara menjauhi benua Gondwana yang akhirnya membentuk benua Benua Amerika Utara. 2. Benua Gondwana di selatan terpecah menjadi beberapa benua, yaitu sebagai berikut: 1) Bagian barat bergeser terus ke arah barat menjadi Benua Amerika Selatan. 2) Bagian timur bergerak ke timur menjadi Benua Afrika. 3) Bagian yang lebih kecil di bagian timur terus bergerak ke arah timur laut dan menjadi India. 4) Satu bagian lagi terpecah menjadi dua, yaitu bagian timur terus begerak ke arah timur laut, dan pecahan bagian barat terus bergerak ke arah selatan Perkembangan selanjutnya, Amerika Utara bergabung menjadi satu dengan Amerika Selatan, Eurasia menjadi Benua Eropa dan Benua Asia. Bagian paling selatan yang bergerak ke selatan menjadi benua Antartika dan dari bagian selatan yang bergerak ke timur laut menjadi Benua Australia.
  7. 7. Pergeseran benua
  8. 8. Temuan/ bukti yang menjadi titik tolak teori A.L Wegener sebagai berikut : • Terdapat persamaan yang menyolok antara garis pantai timur Benua Amerika Utara dan Selatan dengan garis pantai barat Eropa dan Afrika. • Daerah Greenland sekarang bergerak menjauhi daratan Eropa dengan kecepatan 3,6 cm per tahun, kep. Madagaskar menjauhi Afrika Selatan dengan kecepatan 9 cm per tahun. • Samudra Atlantik semakin luas karena benua Amerika terus bergerak ke barat. • Adanya kegiatan seismik (gempa bumi) yang luar biasa disepanjang patahan San Andreas dekat pantai barat Amerika Serikat. • Batas Samudra Hindia makin mendesak ke utara; anak Benua India semula diduga agak panjang karena gerakan ke utara maka India makin menyempit dan mendekat ke benuat Asia.(menimbulkan lipatan pegunungan Himalaya)
  9. 9. 2. Edward Suess 1831 – 1914 Edward menyatakan bahwa persamaan geologi yang terdapat di Amerika Selatan, India, Australia dan Antartika disebabkan oleh bersatunya daratan-daratan itu pada awal mulanya yang merupakan satu benua disebut Gondwana. Benua yang besar tinggal sisanya, karena yang lain sudah tenggelam dibawah permukaan laut.
  10. 10. Bagian Penampang Benua.
  11. 11. a. b. c. d. e. Stable Platform atau daratan stabil yaitu dataran yang sangat luas terdiri atas batuan sedimen berlapis-lapis yang terhampar diatas perisai benua. misal : daratan Asia, Amerika utara bagian tengah dan Australia. Pegunungan lipatan (folded mountain belt) Yaitu jalur pegunungan yang terdapat pada tepi-tepi benua yang saling bertumbukan (konvergensi). Misalnya : jalur pegunungan yang melingkari Samudra Pasifik (Sirkum Pasifik) dan jalur pegunungan yang melingkari Laut Mediterania, Asia Selatan dan Indonesia (Sirkum Mediterania). Perisai benua (Shield) yaitu lapisan benua paling bawah (dasar benua). Lapisan ini tersusun atas batuan beku yang mengalami metamorfosis (perubahan wujud). Shelf atau tepi benua disebut juga paparan benua yaitu bagian dari benua yang tertutup air laut sampai kedalaman 200 m. misal : dangkalan sahul (paparan benua Australia), dangkalan sunda (paparan benua Asia). Lereng Benua yaitu tebing curam yang merupakan peralihan dari benua ke dasar samudra.
  12. 12. Benua-benua dipisahkan oleh massa air yang luas, tetapi ada beberapa benua yang pemisahannya sebagai berikut. a. Benua Asia dan Eropa bersatu, sehingga batas benua tersebut adalah pegunungan Ural, Laut Kaspia, dan Laut Hitam. b. Benua Asia dan Afrika bersatu sehingga batas benua tersebut adalah terusan Suez dan laut merah.
  13. 13. no Benua Luas/km 1 Asia 44.180.000 2 Afrika 30.295.000 3 Eropa 27.273.272 4 Amerika 42.88.568 5 australia 7.683.300 6 antartika 13.200.000
  14. 14. Samudra Laut yang luas dan merupakan massa air asin yang sambung-menyambung meliputi permukaan bumi yang dibatasi oleh benua ataupun kepulauan yang besar
  15. 15. Bagian Penampang Samudra
  16. 16. a. Lantai Abisal yaitu lantai dasar samudra dengan kedalaman kurang dari 3000 m. misal : dasar samudra Pasifik, dasar samudra Hindia, dan samudra Atlantik. b. Palung Laut (Trench) yaitu jurang di dasar laut yang dalam; terbentuk di daerah sepanjang zona tumbukan antara lempeng benua dan lempeng samudra yang berada di dasar laut. misal : palung sunda, palung jepang, palung filiphina, palung new Britain dan palung Izu. c. Igir tengah samudra (mid oceanic ridge) yaitu jalur gunung api yang memanjang di tengah samudra. Jalur ini merupakan pusat pemekaran (spreading center) yang menyebabkan benua-benua pecah dan bergeser letaknya. Jalur ini juga merupakan pusatpusat gempa bumi. misal : igir tengah samudra atlantik.
  17. 17. Teori Terjadinya Samudera Ada bebera teori tentang terjadinya samudera: 1. Contraction theory (teori kontraksi) Beberapa waktu setelah bumi terbentuk, bumi masih dalam keadaan panas. Kemudian mulai mendingin dan terbentuklah kulit bumi. Dalam waktu jutaan tahun terjadi perubahan-perubahan di dalam bumi di bawah kulit bumi. Karena terjadi pengerutan kulit bumi menyebabkan batuan yang ringan dari kulit bumi melengkung dan retak maka magma keluar ke permukaan bumi. Semua perubahan-perubahan tersebut menyebabkan terjadinya continent dan cekungan samudera. Kita mengetahui bahwa kulit bumi di bawah samudera yang dalam sangat tipis. Di bawah batuan kulit bumi itu terdapat batuan yang lebih berat yang disebut Astenosfer (mantel).
  18. 18. 2) Gravity theory (teori Gravitasi) Beberapa ilmuan mengira bahwa cekungan samudera terbentuk ketika suatu bintang besar melintas dekat bumi. Karena gravitasi maka terjadi tarik menarik antara bintang tersebut dengan bumi. Diduga karena bumi masih panas dan lunak maka sebagian kulit bumi tertarik ke angkasa luar. Bekasnya menjadi cekungan samudera yang menurut teori ini adalah cekungan samudera Pasifik. Sedangkan bagian bumi yang terlepas adalah bulan.
  19. 19. 3) Meteorit theory (teori Meteorit) Menurut teori meteorit terjadinya cekungan samudera akibat jatuhan dari meteor. Diduga bahwa lekukan-lekukan danau kawah di bulan dan samudera di bumi terjadi oleh hal yang sama. Karena adanya benturan meteor yang begitu kuat maka pinggir-pinggir tempat meteor itu jatuh terjadi peninggian. Itulah yang menyebabkan terjadinya pegunungan pantai di sekitar beberapa samudera, seperi pegunungan Andes yang memanjang di sepanjang pantai Pasifik di Amerika Selatan.
  20. 20. 4) ContInental Drift theory (teori pergerakan benua) Teori ini dikembangkan oleh Alfred Wegener. Dalam teorinya ia mengatakan bahwa ketika kulit bumi mendingin terjadi satu kontinen besar. Karena kontinen itu ringan maka terapung di atas batuan yang lebih berat yang ada di bawahnya. Setelah itu mulai terbagi menjadi dua blok. Satu blok di belahan utara dan yang lain di belahan selatan. Kedua blok itu dipisahkan oleh samudera yang disebut Tethys. Karena blokblok ini terapung dan bergerak maka pecah menjadi bagian yang lebih kecil.
  21. 21. Perubahan Bentuk Laut/Samudera • Umur bumi berdasarkan penyelidikan batuan adalah lebih dari 2.000 juta tahun. • Laut tentunya lebih muda dari bumi, tetapi lebih dahulu dari gunung/pegunungan. • Bentuk laut/lautanpun dari dulu berubah-ubah karena gaya endogen (pelipatan, orogenesa, dll). • Perubahan laut/lautan itu juga terjadi karena perubahan air yang membeku berupa gletser dan es yang meliputi daratan seperti terjadinya zaman es.
  22. 22. Contoh-contoh perubahan laut/lautan: 1. Pada akhir Mesozoikum awal Paleosin: Selat Malaka, selat Karimata, laut Jawa, laut Flores, laut Banda bagian Selatan, laut Arafura merupakan daratan yang disebut Paparan Sunda, Paparan Banda, dan Paparan Sahul. Sebaliknya pulau Irian sebagian besar merupakan laut (Geosinklin Irian). Juga sebagian pulau Sulawesi dan Kalimantan Utara (Geosinklin Banda dan Rejang). 2. Eosin Ta-b: Terjadi laut Jawa dan pulau Jawa bagian Utara merupakan laut. Pulau Jawa pada masa itu berada agak ke Sealatan (Geosinklin Jawa).
  23. 23. LANJUTAN.. 3.Oligosin Tc-d : Sebagian dari Irian telah menjadi daratan. Sedangkan Kalimantan Timur menjadi lautdan sebagian Sumatra merupakan laut (Geosinklin Aceh) Dan seterusnya pada zaman Pleosinpun selalu berubah
  24. 24. Perlu diketahui…. • Perubahan-perubahan laut/lautan ini bukan saja terjadi di Indonesia tetapi hampir di seluruh dunia, seperti: Pada Zaman Kapur Bawah dan Zaman Kapur Tengah, Australia dipisahkan oleh suatu genangan laut opikontinen. Malah menurut penyelidikan Paleogeografi zaman Kambrium Pegunungan Himalaya merupakan laut (Geosinklin Himalaya dan Tethys Timur). Daratan Asia lainnya pernah tergenang laut seperti di daerah Altai dan Siberia. Sebaliknya laut Tengah merupakan daratan. Antara Eropah dengan Amerika hanya dipisahkan di sebelah Utaranya oleh laut yang sempit (Geosinklin Kaledonia). Pegunungan Rocky pernah mengalami penggenangan. Jadi kebanyakan muka bumi telah pernah diliputi lautan pada masa lalu. Sebaliknya banyak daratan yang telah pernah menjadi laut/lautan.
  25. 25. Sekian dan wassalam….

×