Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Rpp bola basket sma

16,730 views

Published on

PPG_SM3T UNSYIAH

Published in: Education
  • Login to see the comments

Rpp bola basket sma

  1. 1. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SatuanPendidikan : SMA Negeri PPG Unsyiah Kelas/Semester : X / 1 (Ganjil) Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Tema/Topik : Permainan Bola Besar (Gerak Dasar Bola Basket) Pertemuan ke : 1 (pertama) Waktu : 3 X 40 menit A. Kompetensi Inti 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut. 2. Mengembangkanperilaku (jujur,disiplin,tanggungjawab,peduli, santun, ramahlingkungangotongroyong, kerjasama, cinta damai, resfonsif dan proaktif) dan menjukan sikap sebagai bagian solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cermina bangsa dalam pergaulan dunia. 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minat untuk memecahkan masalah. 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah kongkrit dan ranah abstrak terkait denagn pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan. B. Kompetensi Dasar 1. AspekAfektif 1.1. Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuan sebagai anugerah Tuhan yang tidak ternilai 1.2. Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang pencipta 2.4. Menunjukkankemauanbekerjasamadalammelakukanberbagaiaktifitasfisikdalam bentukpermainan 2.5. Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam menggunakan peralatan dan kesempatan. 2. Aspek Kognitif 2.5. Menganalisisvariasidankombinasiketerampilansalahsatupermainanbolabesaruntukmeningkatkan keterampilan. 3. Aspek Psikomotor 4.1. Mempraktikan variasi dan kombinasi keterampilan dalam salah satu permainan bola besar dengan koordinasi yang baik C. Indikator 1. Aspek Afektif a. Berdoa sebelum melaksanakan pembelajaran penjas b. Berdoa sesudah melaksanakan pembelajaran penjas c. Melakukanpemanasandenganseriussebelum melakukan pembelajaran penjas sebagai usaha untuk memelihara, membina dan mensyukuri atas anugerah Tuhan yang maha esa.
  2. 2. d. Menunjukkan kemauan bekerja sama dalam melakukan berbagai aktifitas fisik dalam bentuk permainan. e. Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam menggunakan peralatan dan kesempatan. 2. Aspek Kognitif a. Menjelaskan cara melakukan keterampilan gerak chest pass dalam permainan bola basket dengan tepat kepada teman. b. Menjelaskancaramelakukan keterampilan gerak bounce pass dalam permainan bola basket dengan tepat kepada teman. c. Menjelaskancaramelakukanketerampilangerakoverheadpassdalam permainan bola basket dengan tepat kepada teman. d. Menjelaskancaramelakukanketerampilangerakdriblingdalam permainan bola basket dengan cepat. 3. Aspekpsikomotor a. Melakukanketerampilangerakchest pass dalam permainan bola basket dengan tepat kepada teman. b. Melakukanketerampilangerakbouncepassdalam permainanbolabasketdengantepatkepada teman. c. Melakukan keterampilan gerak overhead pass dalam permainan bola basket dengan tepat kepada teman. d. Melakukan keterampilan gerak dribling dalam permainan bola basket dengan cepat. D. TujuanPembelajaran 1. AspekAfektif a. Melalui aktivitas pembelajaran, siswa berdoa sebelum melaksanakan pembelajaran penjas. b. Melalui aktivitas pembelajaran, siswa berdoa sesudah melaksanakan pembelajaran penjas. c. Siswa melakukanpemanasandenganseriussebelummelakukanpembelajaran penjas sebagai usaha untuk memelihara, membina dan mensyukuri tubuh yang Tuhan anugrahkan. d. Melalui aktivitas pembelajaran permainan bola basket, siswa dapat menunjukkan kemauan bekerja sama dalam melakukan berbagai aktifitas fisik dalam bentuk permainan e. Melalui aktivitas pembelajaran permainan bola basket, siswa dapat menunjukan sikap toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam menggunakan peralatan dan kesempatan. 2. Aspek Kognitif a. Melaluipenjelasan dandemonstrasi guru,siswadapatmenjelaskan caramelakukanketerampilangerak chest pass dalam permainan bola basket dengan tepat kepada teman. b. Melaluipenjelasan dandemonstrasi guru,siswadapatmenjelaskancaramelakukan keterampilangerak bounce pass dalam permainan bola basket dengan tepat kepada teman. c. Melaluipenjelasan dandemonstrasi guru,siswadapatmenjelaskancaramelakukanketerampilangerak overhead pass dalam permainan bola basket dengan tepat kepada teman. d. Melaluipenjelasan dandemonstrasi guru,siswadapatmenjelaskancaramelakukanketerampilangerak dribling dalam permainan bola basket dengan cepat. 3. AspekPsikomotor a. Melaluiaktivitaspembelajaranpermainanbolabasket,siswadapat melakukan keterampilan gerak chest pass dalam permainan bola basket dengan tepat kepada teman. b. Melalui aktivitas pembelajaran permainan bola basket, siswa dapat melakukan keterampilan gerak bounce pass dalam permainan bola basket dengan tepat kepada teman. c. Melaluiaktivitaspembelajaran permainan bola basket, siswa dapat melakukan keterampilan gerak over head pass dalam permainan bola basket dengan tepat kepada teman.
  3. 3. d. Melaluiaktivitaspembelajaranpermainanbolabasket,siswadapatmelakukanketerampilangerak Funda mental/gerak dasar passing dalam permainan bola basket dengan baik dan benar. E. Materi Ajar Permaianan Bola basket dalam bentuk game yang dimodifikasi a. Passing  Chest Pass  Bounce Pass  Overhead Pass F. KegiatanPembelajaran Rincian Kegiatan Waktu Pendahuluan  Berbaris, berdoa, absensi/presensi, apersepsi  Menyampaikan kompetensi (KD) yang akan diajarkan  Menyampaikan tujuan pembelajaran  Membagikan gambar shooting bola basket.  Meminta beberapa orang peserta didik mengemukakan pengalaman setelah melihat/melakukan latihan teknik dasar shootingbola basket berbagai sumber.  Mengaitkan apa dikemukakan peserta didik dengan materi yang akan dipelajari  Melakukan pemanasan. Permainan gerobak dorong  Guru menjelaskan permainan menggendong sambil berlari dan gerobak dorong sejauh 20 meter, lalu.  Guru menginstruksikan kepada Siswa untuk membagi beberapa kelompok, 1 kelompok terdiri dari 2 siswa.  Siswamenggendongtemannya sambil berlari, lalu berganti posisi dan melakukan gerobak dorong.  Tiap kelompok mencoba melakukan permainan yg telah di ajarkan tadi, setelah siswa mengerti, siswa bermain secara kompetisi  Bagi kelompok yg kalah, akan di berikan hukuman dalam bentuk hiburan, seperti menyanyi, bergoyang. Start 10 meter 10 meter Finish Untuk melatih tungkai dan lengan siswa ketika mau melakukan Passing bola basket 12 menit (10% dari waktu keseluruhan)
  4. 4. Kegiatan Inti Mengamati Gurumemperkenalkandanmengajarkancara memegangbolabasket yang baik dan benar kepada siswa ChessPass BouncePass OverHead Pass  Siswa mengamati apa yang di praktikkan guru dengan waktu 5 menit  Kalau siswa belum mengerti, siswa boleh menanyakan kepada guru Menanya  Siswa mengajukan pertanyaan berdasarkan pengamatan mereka.  Siswa mengajukan pertanyaan mengenai teknik shooting yang belum dipahami.  Guru memberi kesempatan bagi peserta didik lain yang ingin menanggapi atau menjawab pertanyaan siswa. Mencoba  Chess Pass  Gurumendemonstrasikan gerakan chess pass, dan siswa mengamati gerakan yang didemonstrasikan oleh guru  Melakukan gerakan chess pass dengan waktu selama 5 menit 96 menit (80%dari waktu keseluruhan)
  5. 5. Permainan ChessPass  Guru menjelaskan bagaimana cara bermain permainan chess pass ini  Siswa melakukan chess pass ke lawan, lalu berlari ke belakang kawannya yang sedang menunggu  Gerakan ini di lakukan secara terus menerus selama 10 menit  Over Head Pass  Gurumendemonstrasikangerakanoverheadpassyang baikdan benardansiswa mengamati dengan seksama  Siswa mempraktikkan gerakan yang telah di demonstrasikan oleh guru  Di lakukan selama 5 menit Permainan over head pass  Siswamelakukanpermaiananlempar overheadpass denganmenggunakan bola modifikasi ( bola karet )  Siswa di bagi beberapa kelompok tergantung jumlah siswa yang ada  Guru menjelaskan bentuk permainan over head pass dan memberikan contoh secara seksama  Siswa berlari dari garis start menuju ke garis lempar, lalu melakukan lemparan over head pass kea rah kardus, yang berguna sebagai kotak sasaran  Siswa melakukan permainan over head pass dengan peraturan yang di modifikasi  Permainan ini di lakukan selama 10 menit kotak Start lempar Finish
  6. 6.  Bounce Pass  Guru menjelaskan cara melakukan gerakan dan memberikan contoh gerakan bounce pass  Siswa mengamati dan mencoba gerakan yang telah di contohkan oleh guru Permainan Bounce Pass  Gurumembagikansiswamenjadiduakelompok,tiapkelompok terdiri dari 5 siswa  Permainan bounce pass dimainkan dengan bola modifikasi ( bola karet )  Peraturan yang dimodifikasi  Siswa membagikan bola dengan cara melakukan gerakan bounc pass  Pemain tidak boleh bergerak 5 langkah, lalu membagikan bola dengan memantulkan bola (bounce pass) ke kawan satu team  Pemain mendapatkan score dengan cara memasukkan bola ke gawang dengan cara memantulkan bola  Ukuran lapangan disesuaikan dengan lahan yg ada  Gawang berjarak 0,5 meter  Permainan ini di lakukan selama 10 menit Aktivitas bermain lempar tangkap bola Cara melakukannya adalah sebagai berikut.  Peserta didik dibagi dua kelompok terdidri 5 orang dalam satu kelompok.  Pancangkan satu tiang ring basket yang dimodifikasidi belakang lapangan bola basket yang di modifikasi.  Kemudian bermain melempar tangkap bola dengan menggunakan ring modifikasi.  Peraturandi dalam permaiananini,pemainhanyaboleh berlari sejauh 5 angkah, lalu membagikan bola.  Teknikmelempardanmenangkapbola yang digunakan adalah dari dada, memantul dan dariatas kepala.
  7. 7.  Jika ada yang melanggar peraturan, maka akan di beri hukuman dalam bentuk hiburan  Permainan ini dilakukan selama 35 menit Selamaaktivitas ini, siswamengamatidanmerasakangerakanmelempar dan menangkap bola yang enak dirasakan. Mengasosiasi  Disajikan peragaan teknik dari peserta didik yang teknik gerak dasar bola basket yang baik dan benar atau menyajikan beberapa gambar dan video berisi latihan teknik shooting.  Masing-masingkelompokberdiskusimengurutkan tahapan teknik yang benar dari masingmasingteknikgerakdasar bola basket dan memberikan alasan/argumen.  Gurumenilaikemampuan peserta didik mengolah informasi dalam mengurutkan tahapan teknik gerak dasar bola basket. Mengomunikasikan  Secarabergilirsetiapkelompok diberi kesempatan memperagakan latihan teknik gerak dasar bola basket yang benar melalui permainan yang dimodifikasi.  Kelompok lain dapat memberi tanggapan dan pertanyaan  Gurumemberipenilaianatashasilkerjakelompokdan kemampuan peserta didik berkomunikasi lisan. Penutup  Pendinginan - Siswa berbaris menghadap ke depan, lalu memegang bahu kawan dan mengurut - Siswa berbalik ke arah sebaliknya, dan bergantian memegang bahu kawan dan mengurut 12 menit(10 % dari waktu keseluruhan)
  8. 8. Pertemuan Kedua Rincian Kegiatan Waktu Pendahuluan  Merefleksikembalipelajaranpertemuansebelumnya  Membahastugaspengamatanyangtelahdikerjakandirumah  Menyampaikantujuanpembelajaran  Mengaitkanmateri yangtelahdipelajaridenganmateriyang akan dipelajari yaituvariasi latihanteknikdasar Larijarakpendek  Membagi pesertadidikkedalam kelompok. 12 menit Kegiatan Inti Mengamati dan Menanya  Duaorang siswadarikelompokberbedadimintauntukmemaparkanhasiltugasbaca tentang latihanvariasi teknik dasar bolabasket melaluimediabaca,video atau internet. Mencoba  Kelompokdimintauntukmencoba mempraktekkanlatihanvarasiteknikdasar bola basket..  Gurumenilai kreatifitasdankerjasamalatihanvariasiteknikdasar bolabasket masing- masingkelompok. Mengasosiasi  Setiapkelompokmencobavariasilatihankelompoklain.  Kelompokdibagiduasamabanyakdanmempraktikkanvariasilatihantenikdasar melaluipermainan bolabasketdenganaturanyangsederhana. 96 menit  Evaluasi materi pelajaran  Memberikantugaspengamatan variasi latihan teknik dasar shooting bola basket dan permainan bola basket melalui media baca , video atau internet.  Mengingatkan materi pertemuan berikutnya tentang latihan variasi teknik dasar shooting bola basket dan bermain bola basket
  9. 9. Rincian Kegiatan Waktu  Gurumenilaikerja samaantarkelompok,menilaiketerampilanmengolahdanmenalar # Bermainbolabasketdenganperaturanyangdimodifikasi denganmenggunakan teknik dasar passing bolabasket dari atas kepala, dada dan pantul serta menangkap, Bermain lempar tangkap bola dengan menggunakan gawang bendera kecil, jumlah pemain 8 – 10 orang (disesuaikan dengan jumlah murid) Mengomunikasikan  Perwakilankelompokmemaparkanhasil latihanvariasiteknikdasar bolabasket  Gurumenilaiketerampilanmenyajidan berkomunikasi Penutup  Bersamasiswamenyimpulkan kegiatanbermain bolabasketdanteknik kombinasi variasi teknik dasarbolabasket yang baikdan benar.  Memberikan evaluasi 12 menit G. MetodePembelajaran Pendekatan : Saintifik (Scientific)/ pendekatantaktis Metode : Ceramah, demontrasi, penugasan, keseluruhan, tanyajawab. Strategi : Game drill game H. Sumber Bukupanduan guru matapelajarankelas 1 PJOK kurikulum KTSP I. Penilaian 1. Penilaian Pengetahuan (Kognitif) 1. PetunjukPenilaian Setelahmempelajari materi bolabasket,gurumelakukan evaluasi padaaspekkognitifmelalui pertanyaan langsungyangdiajukan kepada siswadenganbutirsoal sebagi berikut: No Butir Soal Kriteria Pengskoran Skor Akhir1 2 3 4 ∑ Jelaskan bagaimana cara melakukan chest pass yang tepat sasaran! Jelaskan bagaimana cara melakukan bounce pass yang tepat sasaran! Jelaskan bagaimana cara melakukan overhead pass yang tepat sasaran! Jelaskan bagaimana cara melakukan shooting yang baik dan benar! Skor maksimal16point
  10. 10. 𝑃𝑒𝑛𝑖𝑙𝑎𝑖𝑎𝑛 𝐾𝑜𝑔𝑛𝑖𝑡𝑖𝑓 ( 𝑃𝑒𝑛𝑔𝑒𝑡𝑎ℎ𝑢𝑎𝑛 ) = 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑑𝑖𝑝𝑒𝑟𝑜𝑙𝑒ℎ 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑚𝑎𝑘𝑠𝑖𝑚𝑎𝑙 𝑋 100 KriteriaPenilaian(Pengetahuan/Pemahaman) Skor 4: jika peserta didik mampu menjawab pertanyaan dengan lengkap dan jelas. Skor 3: jika peserta didik mampu menjawab pertanyaan dengan lengkap akan tetapi kurang jelas. Skor 2: jika peserta didik mampu menjawak pertanyaan dengan kurang lengkap dan kurang jelas. Skor 1: jika peserta didik tidak mampu menjelaskan b. Penilaian Keterampilan ( Psikomotor ) 1) PetunjukPenilaian Penilaian yang dilakukan guru berupaobservasi, dimana selama pelaksanaan guru melihat proses siswa dalam melakukan keterampilan gerak pada permainan bola basket baik dalam permainan maupun dalam proses latihan. Skor maksimal: 16 point 𝑃𝑒𝑛𝑖𝑙𝑎𝑖𝑎𝑛 𝐾𝑒𝑡𝑒𝑟𝑎𝑚𝑝𝑖𝑙𝑎𝑛 ( 𝑃𝑠𝑖𝑘𝑜𝑚𝑜𝑡𝑜𝑟) = 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑑𝑖𝑝𝑒𝑟𝑜𝑙𝑒ℎ 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑚𝑎𝑘𝑠𝑖𝑚𝑎𝑙 𝑋 100 Kriteria Skor 1 : kurang Skor 2 : cukup Skor 3 : baik Skor 4 : baiksekali b. Penilaian Sikap (Afektif) No Nama Berodo’a Disiplin Kerja sama Jujur Sportif Jlh skor 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 Skor maksimal: 20 point 𝑷𝒆𝒏𝒊𝒍𝒂𝒊𝒂𝒏 𝑺𝒊𝒌𝒂𝒑 ( 𝒂𝒇𝒆𝒌𝒕𝒊𝒇) = 𝑱𝒖𝒎𝒍𝒂𝒉 𝒔𝒌𝒐𝒓 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒅𝒊 𝒑𝒆𝒓𝒐𝒍𝒆𝒉 𝑺𝒌𝒐𝒓 𝒎𝒂𝒌𝒔𝒊𝒎𝒂𝒍 𝑿 𝟏𝟎𝟎 kriteria: Skor 1 : kurang Skor 2 : cukup Skor 3 : baik Skor 4 : baiksekali No Nama Penilaian Keterampilan Gerak Nilai Akhir Chest pass Bounce pass Overhead pass Dribling
  11. 11. Rekapitulasi Penilaian No. Nama Siswa Aspek Penilaian Σ Nilai Akhir Kriteria Psikomotor Afektif Kognitif 1. Nilai Rata-rata 𝑵𝒊𝒍𝒂𝒊 𝑨𝒌𝒉𝒊𝒓 = 𝑱𝒖𝒎𝒍𝒂𝒉 𝑲𝒆𝒔𝒆𝒍𝒖𝒓𝒖𝒉𝒂𝒏 𝑻𝒊𝒈𝒂 𝑨𝒔𝒑𝒆𝒌 𝑷𝒆𝒏𝒊𝒍𝒂𝒊𝒂𝒏 𝒙 𝟏𝟎𝟎% Keterangan :  MendapatnilaiSangatBaik,jika skor antara = 91– 100%  MendapatnilaiBaik,jikaskor antara = 80– 90%  Mendapat nilai Cukup, jika skor antara = 70 – 79%  Mendapat nilai Kurang, jika skor antara = 60 – 69% Banda aceh, 24 juli 2015 Guru Mata Pelajaran Penjasorekes PPG Unsyiah Kota Banda Aceh GURU PAMONG ISRIADI, S.Pd NIP…………………….. Nim. 1406104240003 Catatan Guru Pamong:………………………………………………………………………..……………………… ……………………………………………………………………………………………….. ………………………………………………………………………………………………..

×