Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Ppt bentuk & ketahanan keluarga

  • Login to see the comments

Ppt bentuk & ketahanan keluarga

  1. 1. DISUSUN OLEH : 1. AYU RAKHMAWATI (1112500208) 2. AZIPATUL AZIPAH (1112500010) 3. CITRA WIDYA P (1112500076) 4. YULI LISTIOWATI (1112500055) Bentuk-bentuk keluarga & ketahanan keluarga
  2. 2. Pengertian Konseling Keluarga Konseling keluarga adalah upaya bantuan yang diberikan kepada individu anggota keluarga melalui sistem anggota keluarga (pembenahan komunikasi anggota keluarga) agar potensi nya berkembang seoptimal mungkin dan masalahnya dapat diatasi atas dasar kemauan membantu dari semua anggota keluarga berdasarkan kerelaan dan kecintaan terhadap keluarga.
  3. 3. Tipe Keluarga Tipe Keluarga menurut Horton and Hunt ( 1968:215) : 1. Keluarga Inti (Nuclear family atau Conjugal family atau Basik family) 2. Keluarga Besar (Exentended family atau Consanguine family atau joint family). 3. Keluarga Berantai (Serial Family). 4. Keluarga Duda/janda (Single Family). 5. Keluarga berkomposisi (Composite) 6. Keluarga Kabitas (Cahabitation).
  4. 4. Tipe keluarga menurut MF.Kimhoff dan R.middleton (1960:215) The family of Orientation The family of Procreation
  5. 5. Tipe keluarga menurut Siti Partini (2000:11) • Keluarga batih • Keluarga bukan batih
  6. 6.  Keluarga Yang Sibuk  Keluarga Lemah Wibawa  Keluarga Yang Tegang  Keluarga Yang Retak  Keluarga Yang Pamer  Keluarga Yang Ideal Tipe keluarga menurut Danuri (1999:15)
  7. 7. Bentuk-bentuk keluarga :  Dapat dilihat dari organisasinya (organization)  Dapat dilihat dari Kegiatannya (activity)  Dapat dilihat dari Nilai dan Tujuannya (Values and Goals)
  8. 8. 1. Keluarga bekerja sama (The cooperative family). 2. Keluarga yang berdiri sendiri (The independent family). 3. Keluarga yang tidak lengkap (The in conplete family). Keluarga dilihat dari organisasinya (organization)
  9. 9. Keluarga Dilihat dari segi kegiatannya (activity):  Keluarga yang berpindah-pindah (The normadis family)  Keluarga yang suka joint (The joines family)  Keluarga yang berpendidikan (The familyn of the intelligentia)  Keluarga yang tinggal di batukarang, didekat pantai (The chiff-dweller family)  Keluarga yang suka berderma atau berbuat bermanfaat bagi masyarakat (The community benefactor family )
  10. 10. •Keluarga yang tingkat sosialnya tinggi (The social climber family). •Keluarga yang materialistik (The materialistic family). •Keluarga yang agamanya berlebihan (Overly religious family). •Keluarga ilmiah (The The Scientific family). •Keluarga yang suka takhayul (The superstations family). •Keluarga yang masih kuno (The conventional family). Keluarga dilihat dari nilai dan tujuan (Value And Goals) :
  11. 11. Tipe Keluarga Khususnya di Indonesia:  Tipe Keluarga Bangsawan  Tipe Keluarga Saudagar  Tipe Keluarga Petani  Tipe Keluarga Intelek  Tipe Keluarga Pegawai Negeri
  12. 12. Setiap orang menginginkan keluarga bahagia, orang tua sebagai pembimbing anak-anak seharusnya lebih bijak di dalam menciptakan keluarga yang bahagia tersebut. Berikut adalah beberapa syarat untuk menjadi orang tua yang bijak :  Komunikasi yang empati yaitu dialog dua arah antara orang tua dengan anak dimana orang tua berusaha memahami apa yang dirasakan, dialami, dan dipikirkan oleh anak.  Menghargai anak adalah vitamin bagi perkembangannya. Sebaliknya sifat-sifat meremehkan, melecehkan, dan menekan merupakan racun bagi anak.  Mendorong anak adalah upaya orang tua agar anak-anak maju sesuai dengan bakat, kemampuan dan kepribadiaannya.
  13. 13. KESIMPULAN Keluarga merupakan suatu kelompok kecil yang terdiri dari ayah, ibu, anak yang sudah dikukuhkan dalam ikatan pernikahan. Konseling keluarga adalah upaya bantuan yang diberikan kepada individu anggota keluarga melalui sistem anggota keluarga (pembenahan komunikasi anggota keluarga) agar potensinya berkembang seoptimal mungkin dan masalahnya dapat diatasi atas dasar kemauan membantu dari semua anggota keluarga berdasarkan kerelaan dan kecintaan terhadap keluarga. Bentuk-Bentuk Keluarga dapat dilihat dari berbagai sudut pandang, diantaranya keluarga yang dilihat dari organisasi (organization), keluarga dilihat dari segi kegiatannya (activity), keluarga dilihat dari nilai dan tujuannya (Values and Goals).
  14. 14. Lanjutan… Ada banyak tipe keluarga khususnya di Indonesia yaitu :  Tipe Keluarga Bangsawan  Tipe Keluarga Saudagar  Tipe Keluarga Petani  Tipe Keluarga Intelek  Tipe Keluarga Pegawai Negeri Setiap orang menginginkan keluarga bahagia, orang tua sebagai pembimbing anak-anak seharusnya lebih bijak di dalam menciptakan keluarga yang bahagia tersebut. Berikut adalah beberapa syarat untuk menjadi orang tua yang bijak :  Komunikasi yang empati yaitu dialog dua arah antara orang tua dengan anak dimana orang tua berusaha memahami apa yang dirasakan, dialami, dan dipikirkan oleh anak.  Menghargai anak adalah vitamin bagi perkembangannya. Sebaliknya sifat-sifat meremehkan, melecehkan, dan menekan merupakan racun bagi anak.  Mendorong anak adalah upaya orang tua agar anak-anak maju sesuai dengan bakat, kemampuan dan kepribadiaannya.

×