Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Benua eropa

Presentasi mengenai Benua dalam mata pelajaran IPS kelas 9 dalam memenuhi tugas per

  • Login to see the comments

Benua eropa

  1. 1. Benua Eropa Oleh: Adellia Octaviani 2/9A Debonaire Debbie 8/9A Giovani Augusta Aurelia Sanjaya 10/9A Nur Indah M 17/9A
  2. 2. Batas-Batas Benua Eropa: • Sebelah Utara berbatasan dengan Samudra Arktik. • Sebelah Timur berbatasan dengan Benua Asia. • Sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Tengah, Laut Hitam, dan Negara Turki. • Sebelah Barat berbatasan dengan Samudra Atlantik.
  3. 3. 1) Iklim a) Bagian Pantai Barat dipengaruhi iklim laut dari Samudra Atlantik. b) Bagian Tengah, peralihan iklim maritim yang basah dan iklim kontingen yang dingin. c) Bagian Selatan dipengaruhi iklim Laut Mediterania dan angin dari kawasan gurun yang panas. d) Bagian Utara dipengaruhi iklim kutub yang dingin
  4. 4. Musim Dingin Eropa
  5. 5. 2) Gunung dan Pegunungan  Pegunungan tua di kawasan Utara dan pegunungan lipatam muda di kawasan selatan.  Pegunungan Eropa membentang dari Utara ke Selatan dengan puncak Galdhopiggen.  Pegunungan Alpen di Mediterania dengan puncak tertinggi Mount Blanc.  Pegunungan Kauskaus di Selatan dengan puncak tertinggi Gunung Elbrus.  Pegunungan Ural di Timur berbatasan antara Benua Eropa dan Asia.
  6. 6. Pegunungan Alpen
  7. 7. 3) Sungai dan Danau Sungai Rhein menjadi batas alam negara Swiss, Lichtenstein, Austria, Jerman dan Prancis. Sungai Elbe dan Dapude di Jerman. Sungai Loire dan Ruhr di Prancis. Sungai Uber dan Weiche di Polandia Biasanya sungai-sungai tersebut bermuara di Laut Baltik dan Laut Utara.
  8. 8.  Danau Vattern, Danau Vanem, Danau Hyalmaren, Danau Stasyon di Swedia.  Danau Orevesii, Danau Paulavesi, Danau Ouluyami, Danau Inari di Finlandia.  Danau Odega dan Danau Ladoga di Rusia.
  9. 9. 4) Flora dan Fauna Flora dan fana di Eropa sama halnya dengan negara dengan kawasan beriklim sedang dan dingin. Jenis flora yang tumbuh adalah hutan Konifera (tumbuhan berdaun jarum) Fauna yang khas dari Eropa adalah rusa, beruang kutub, ikan tuna, serigala
  10. 10. Hutan Konifera
  11. 11. Rusa
  12. 12. • Eropa merupakan benua yang tidak memiliki gurun. • Memiliki 3 semenanjung yang tersebar di wilayah utama yaitu, Semenanjung Skandinavia di Utara, Semenanjung Siberia di Barat, dan Semenanjung Italia di bagian Selatan.
  13. 13. Kondisi Sosial Etnik: a) Etnik Mediterania, tinggal di kawasan Eropa Selatan dan Barat. Bermata cokelat dan berambut hitam. b) Etnik Slavia, tinggal di kawasan Eropa Timur. Bermata abu- abu kebiruan dan berambut pirang keputih-putihan. c) Etnik Alpen, tinggal di kawasan tengah. Bermata cokelat dan berambut pirang kecokelatan. d) Etnik Nordik, tinggal di kawasan Utara. Bermata biru dan berambut pirang.
  14. 14. UNIVERSITAS – UNIVERSTAS DI EROPA 1. University of Cambridge, United Kingdom Universitas Cambridge dinilai yang terbaik kedua di Peringkat Universitas Dunia 2009. Universitas Cambridge adalah salah satu universitas tertua di dunia dan salah satu yang terbesar di Inggris. Reputasinya didukung oleh Quality Assurance Agency dan oleh peninjau eksternal lain belajar dan mengajar, seperti Penguji Eksternal. Standar-standar yang tinggi adalah hasil dari kedua kesempatan belajar yang ditawarkan di Cambridge dan sumber daya yang luas, termasuk perpustakaan, museum dan koleksi lainnya. Pengajaran terdiri tidak hanya dari kuliah, seminar dan kelas praktis dipimpin oleh orang-orang yang ahli di bidang dunia mereka, tetapi juga mengajar lebih personal diatur melalui Colleges. Banyak peluang bagi siswa untuk berinteraksi dengan ulama dari semua tingkatan, baik secara formal dan informal.
  15. 15. 2. University of OXFORD, United Kingdom Universitas Oxford adalah perguruan tinggi tertua berbahasa Inggris yang berlokasi di kota Oxford, Inggris.[4] Sejarah universitas ini dapat ditelusuri paling tidak mulai akhir abad ke- 11, walaupun tanggal tepat pendiriannya tetap tak jelas. Menurut legenda, setelah pecahnya kerusuhan antara mahasiswa dan penduduk kota pada tahun 1209, beberapa akademisi Oxford melarikan diri ke timur laut, ke kota Cambridge, dan mendirikan Universitas Cambridge. Kedua universitas ini sejak itu telah saling bersaing satu sama lain, dan merupakan perguruan tinggi paling selektif di Britania Raya.
  16. 16. TEMPAT- TEMPAT WISATA TERBAIK DI EROPA 1. Cappadocia, Turki Tempat Wisata Terbaik Di Eropa, Tempat Wisata Di Eropa Cappadocia di Turki merupakan salah satu tempat wisata terbaik di Eropa yang menampilkan pesona bukit bebatuan yang kini menjadi kota eksotis. Disana terdapat ngarai, lembah dan bukit indah ditambah dengan bebatuan raksasa. Salah satu bangunan yang dipahat yakni Istana Urchisar. Istana ini mempunyai beragam ruangan, terdapat di atas bukit dengan pesona yang indah.
  17. 17. 2. Sagrada Familia, Spanyol Tempat Wisata Terbaik Di Eropa, Tempat Wisata Di Eropa Salah satu tempat wisata di Eropa ini yakni Sagrada Familia di Barcelona, Spanyol. Disana terdapat gereja katolik yang di rancang langsung oleh Antoni Gaudi. Dengan desain bangunan megah, desain artistik yang indah ditambah pesona di Gereja Sagrada Familia pada malam hari.
  18. 18. 3. Bruges, Belgia Tempat Wisata Terbaik Di Eropa, Tempat Wisata Di Eropa Bruges merupakan kota terbesar di Provinsi West Flanders di Belgia. Kota ini didirikan di atas sebuah kanal dan merupakan kota terbaik di dunia di abad pertengahan. Para wisatawan disana dapat menikmati keindahan kota sambil bersepeda.
  19. 19. Karakteristik Benua Eropa Memiliki banyak fyord di kawasan Utara (Skandinavia). Mayoritas penduduk tinggal di perkotaan. Benua pertama yang telah menerapkan sistem mata uang tunggal, yaitu Euro. Benua Eropa dilalui garis bujur 0 sebagai awal perhitungan waktu dunia. (Greenwich, Inggris). Terdapat wilayah rawa terluas yaitu Rawa Pripet di perbatasan Belarusia-Rusia.
  20. 20. Rawa Pripet
  21. 21. Memiliki 5 negara terkecil di dunia, yaitu Liechtenstein, Andora, Monaco, San Marino, dan Vatikan. Terdapat negara-negara pelopor kolonialisasi dan penjelajahan samodra seperti, Inggris, Spanyol, Portugal, Prancis, dan Belanda. Memiliki pusat bahasa internasional, yaitu bahasa Inggris. Memiliki bangunan-bangunan keajaiban dunia, seperti Eiffel di Prancis, menara Pisa dan Colosseum di Italia.
  22. 22. Colosseum
  23. 23. Menara Eiffel
  24. 24. Menara Pisa
  25. 25. • IPS-GEOGRAFI • BENUA EROPA • THE END • TERIMA KASIH

×