Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

ide mutu Akihiko Otsuka 13.0601.0002 lisa wahyuningrum

Manajemen Keperawatan

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

ide mutu Akihiko Otsuka 13.0601.0002 lisa wahyuningrum

  1. 1. Akihiko Otsuka (Cucu dari pendiri Otsuka Group) berusia 35 th menjabat sebagai kepala Pabrik Otsuka Pharmaceutical di Tokushima, Jepang pada tahun 1973. Ayah Akihito, yaitu Masahito Otsuka (Presiden Direktur Otsuka Pharmaceutical ke-2) yang telah menciptakan berbagai produk terkenal seperti minuman Oronamin C sehingga perusahaan menjadi sangat maju. Saat itu, Akihito bertekad untuk mengembangkan produk yang dapat menjadi pilar perusahaan dengan tangannya sendiri.
  2. 2. * *Ide dari minuman Pocari Sweat sebagai minuman pengganti ion tubuh muncul dari pengalaman Rokuro Harima, yang mana ketika itu Rokuro Harima mengalami diare, kemudian saat itu dokter menganjurkan dia untuk minum obat menggunakan air soda. *Kebiasaan dokter-dokter bedah juga meminum cairan infus untuk mencegah dehidrasi saat melakukan operasi berjam- jam.
  3. 3. *Harima mengusulkan ide kepada Akihiko Otsuka untuk mengembangkan produk cairan infus menjadi minuman yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat secara luas. *Konsep dari minuman ini untuk menggantikan ion tubuh yang keluar melalui keringat saat aktivitas sehari-hari maupun aktivitas berolahraga, dan memiliki rasa yang enak. *Proses eksperimen akhirnya berhasil menciptakan ramuan Pocari Sweat dan mulai diproduksi pada tahun 1980, namun produksi ini tidak langsung laku di masyarakat, karena rasanya yang aneh.
  4. 4. *Pada awal mula produk ini tidak laku, sehingga Presiden Direktur Akihiko membagikan pocari sweat dengan gratis dan sempat mengalami kerugian. *Presiden Direktur Akihiko tetap bersikeras dan berkeyakinan bahwa produk ini akan laris di pasaran kemudian hari. Keyakinan akan hal ini dijadikan dasar dalam tetap memproduksi Pocari Sweat dan memasarkannya. *Akhirnya tahun ke 2 musim panas tahun 1981 membuat pocari sweat laku dan penjualan melonjak 3 kali lipat dari tahun sebelumnya.

×