Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
Tugas Penjamin Mutu
(Raymond Tomlinson Penemu E-
mail)
DIAH UTAMI
2A / 13.0601.0046
Biografi Raymond Tomlinson
Nama : Raymond Samuel Tomlinson
Nama Populer : Ray Tomlinson
Kelahiran : Tahun 1941 di New York...
Pendidikan Raymond Tomlinson
• Saat remaja Ray Tomlinson sekolah di
Broadalbin Central School di daerah
Broadalbin, New Yo...
IDE MUTU
Momen ditemukannya e-mail terjadi saat Ray bekerja di BBN Technologies. Ia ikut
dalam program pengembangan sistem...
Lanjutan ...
• Dengan cara penemuannya,
Tomlinson juga bertanggung
jawab atas ketinggian tanda @
dari simbol ke ikon. Untu...
Lanjutan...
• Nama Eudora sendiri diambil dari nama seorang
penulis dari Amerika Eudora Welty. Awalnya
Eudora menjadi klie...
Perjalanan Karir Raymond Tomlinson
• Setelah mendapatkan gelar
master, baik pengetaun serta
pengalaman Ray di bidang
kompu...
Lanjutan...
• Setelah itu pihak BBN
Technologies meminta Ray untuk
menulis ulang program SNDMSG
agar dapat di implementasi...
Lanjutan...
• Pada awalnya symbol tersebut
muncul lantaran Ray bingung
bagaimana membedakan satu
pengguna dengan pengguna ...
Lanjutan...
• Surat elektronik atau electronic mail (e-mail)
pertama yang berhasil dikirimkan antara dua
mesin dilakukan o...
Sewaktu dia
menunjukkan e-mail
pertama itu pada rekan
kerjanya, justru ia disuruh
menyembunyikannya,
“Ini bukan yang
sehar...
Penghargaan Raymond Samuel Tomlinson
• Pada tahun 2000 ia menerima George R. Stibitz Komputer Pioneer Award
dari Museum Ko...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

13.0601.0046 diah utami

Ide Mutu Manajemen Keperawatan

Related Books

Free with a 30 day trial from Scribd

See all

Related Audiobooks

Free with a 30 day trial from Scribd

See all
  • Login to see the comments

  • Be the first to like this

13.0601.0046 diah utami

  1. 1. Tugas Penjamin Mutu (Raymond Tomlinson Penemu E- mail) DIAH UTAMI 2A / 13.0601.0046
  2. 2. Biografi Raymond Tomlinson Nama : Raymond Samuel Tomlinson Nama Populer : Ray Tomlinson Kelahiran : Tahun 1941 di New York, Amerika Serikat Kewarganegaraan : Amerika Pendidikan : Broadalbin Central School Rensselaer Polytechnic Institute Teknik Listrik tahun 1963 Massachusetts Institute of Technology Teknik Elektro tahun 1965
  3. 3. Pendidikan Raymond Tomlinson • Saat remaja Ray Tomlinson sekolah di Broadalbin Central School di daerah Broadalbin, New York. Setelah Lulus dari Broadalbin Central School, Ray Tomlinson melanjutkan studinya di Rensselaer Polytechnic Institute di wilayah Troy, New York di mana Ray Tomlinson bekerja sama dengan IBM dalam program co-op. Di Rensselaer Polytechnic Institute, Ray Tomlinson menerima gelar Bachelor of Science di bidang teknik listrik pada tahun 1963. • Setelah lulus dari Rensselaer Polytechnic Institute, kemudian melanjutkan studinya untuk gelar Master di Massachusetts Institute of Technology dalam bidang teknik elektro. Di MIT, Ray Tomlinson bekerja di Speech Communication Group dan disitu dia mengembangkan teknologi analog-digital hybrid speech synthesizer yang dijadikan sebagai subyek untuk tesis Master-nya. dia menerima gelar S.M. di bidang Teknik Elektro pada tahun 1965.
  4. 4. IDE MUTU Momen ditemukannya e-mail terjadi saat Ray bekerja di BBN Technologies. Ia ikut dalam program pengembangan sistem operasi TENEX termasuk di dalamnya ARPANet dan juga TELENet. Ia kemudian menciptakan sebuah program yang disebut CPYNET yang mengembangkan kemampuan unutk mentransfer file melalui sistem ARPANET. Ini berarti, file tersebut hanya bisa mengirim e-mail antara pengguna yang berbeda namun hanya yang berada dalam jaringan ARPANET saja. Kemudian perkembangan selanjutnya, Ray berhasil membuat sistem bernama SNDMSG yang bisa mengirim pesan kepada pengguna lain dalam lingkup TENEX. Selanjutnya, ia menambahkan kode yang ia ambil dari CPYNET untuk digunakan di SNDMSG. Dengan demikian, pesan bisa terkirim kepada pengguna dengan jaringan komputer yang berbeda. Tahukah Anda bahwa e-mail pertama dikirim Ray sendiri? Benar, penemu e-mail ini mengirim pesan “QWERTYUIOP” yang merupakan huruf pada baris pertama keyboard. Pesan elektronik ini terkirim dari komputer Tomlison ke komputer di sebelahnya. Namun isi pesan ini sesuatu yang ia reka Ray, sebab ia benar-benar melupakan isi pesan tersebut. Namun ia berkata pesan tersebut sesuatu yang sama dengan si “QWERTYUIOP”.
  5. 5. Lanjutan ... • Dengan cara penemuannya, Tomlinson juga bertanggung jawab atas ketinggian tanda @ dari simbol ke ikon. Untuk mengirim pesan antar komputer yang berbeda, ia membutuhkan cara untuk memisahkan nama- nama pengirim dan penerima dari nama mesin mereka. Tanda @ hanya masuk akal, itu tidak umum digunakan dalam menghitung waktu itu, sehingga tidak akan ada terlalu banyak kebingungan. Simbol ternyata alamat e-mail ke frase, artinya "pengguna 'pada' host," jelas Tomlinson. "Ini adalah preposisi hanya pada keyboard." • Saat ini, lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia jenis yang @ menandatangani setiap hari. Tomlinson mengatakan bahwa kembali pada tahun 1971, dia memiliki beberapa ide tentang dampak penemuan akan memiliki. • Program surel pertama dan yang masuk salah satu program surel terbesar yang biasa digunakan oleh publik adalah Eudora. Dan surel yang di tulis oleh Steve Dorner ini rilis pada tahun 1988. Waktu itu ia masih berstatus pegawai di University of Illinois.
  6. 6. Lanjutan... • Nama Eudora sendiri diambil dari nama seorang penulis dari Amerika Eudora Welty. Awalnya Eudora menjadi klien surel pertama yang dapat diakses secara gratis oleh siapa pun, kemudian dibeli oleh Quallcom pada tahun 1994, dan dijadikan produk profesional. • Tak terduga pada awal ARPANET, penciptaan Tomlinson yaitu e-mail menjadi aplikasi internet masa depan yang paling populer.
  7. 7. Perjalanan Karir Raymond Tomlinson • Setelah mendapatkan gelar master, baik pengetaun serta pengalaman Ray di bidang komputer dan programing sudah cukup mumpuni. Hal tersebut membuat dirinya tidak kesulitan mencari tempat bekerja. Perusahaan yang pertama kali ia jajaki adalah Bolt, Beranek and Newman. Perusahaan tersebut bergerak di bidang pengembangan teknologi dan sekarang lebih dikenal dengan nama BBN Technologies. • Di perusahaan tersebut tanggung jawab yang ia emban adalah mengembangkan sistem operasi TENEX dan juga ARPANET Network Control Protocol. Secara umum proyek tersebut adalah sebuah teknologi pengiriman file digital antar komputer. Dengan kemampuan yang dimiliki, Ray berhasil mengembangkan program tersebut yang hasilnya dinamakan CPYNET.
  8. 8. Lanjutan... • Setelah itu pihak BBN Technologies meminta Ray untuk menulis ulang program SNDMSG agar dapat di implementasikan pada proyek ARPANET. Setelah masa pengerjaannya, Ray akhirnya berhasil mengawinkan teknologi transfer file CPYNET ke SNDMSG yang memungkinan untuk bisa mengirim file dari satu komputer ke komputer lain yang ada di lain tempat. Itulah yang menjadi cikal bakal lahirnya konsep email atau surat elektronik. • Fakta yang menarik adalah mengenai symbol @ (https://id.wikipedia.org/wiki/@ ) yang selama ini dikenal sebagai symbol email. Bahkan dalam perkembangannnya saat ini, symbol yang dibaca dengan lafal “at” atau dalam bahasa Indonesia berarti “di” tersebut banyak digunakan dalam sosial media utamanya #Twitter sebagai penanda nama profile penggunanya.
  9. 9. Lanjutan... • Pada awalnya symbol tersebut muncul lantaran Ray bingung bagaimana membedakan satu pengguna dengan pengguna lain. Banyaknya alamat yang akan dituju membuat dia bingung bagaimana membedakannya. Setelah berfikir tak lebih dari 1 menit di langsung memilih symbol “@” sebagai pembeda antar satu penguna dengan pengguna lain. Tak disangka keputusannya yang ia ambil hanya dalam waktu 30 detik tersebut kini telah menjadi sejarah bahkan menjadi salah satu ikon internet yang paling dikenal sepanjang masa. • Setelah mengembangkan sistem transfer file tersebut, proyek ARPANET terus bergulir dengan penerapan teknologi CPYNET dan SNDMSG, hingga sistem baru yang lebih sempurna telah ditemukan, yaitu Email. Email pertama yang dikirim adalah pesan singkat bertulis “QWERTYUIOP” yang dikirim dari satu komputer ke komputer lain yang telah menggunakan jaringan ARPANET. Sejak saat itu, email makin dikenal dan semakin banyak pula perusahaan yang mengembangkan program pengirim file tersebut.
  10. 10. Lanjutan... • Surat elektronik atau electronic mail (e-mail) pertama yang berhasil dikirimkan antara dua mesin dilakukan oleh seorang insinyur pendiam, Ray Tomlinson di BBN suatu hari di tahun 1972. Sebelumnya, Tomlinson telah menulis program mail untuk Tenex, sistem operasi yang dikembangkan BBN, yang hingga sekarang masih beroperasi pada mesin-mesin PDP-10 ARPANET. • Selain itu, yang juga monumental adalah penemuan lambang @ pada -mail yang kemudianvdigunakan orang di seluruh dunia.
  11. 11. Sewaktu dia menunjukkan e-mail pertama itu pada rekan kerjanya, justru ia disuruh menyembunyikannya, “Ini bukan yang seharusnya kita kerjakan!” ujar Jerry Burchfiel, rekan sekerjanya itu. Tapi apa daya, teknologi ini merupakan teknologi pengiriman pesan paling murah saat ini. Jutaan orang mengirimkan e- mail setiap harinya. • Dia layak menjadi 50 tokoh yang berpengaruh dalam dunia Informatika karena dia yang memilih simbol @ sebagai penanda alamat surat elektronik, dibelakang nama si pengirim atau penerima pesan, bahkan kini pengunaan e-mail sudah menjadi sarana komunikasi global yang paling murah
  12. 12. Penghargaan Raymond Samuel Tomlinson • Pada tahun 2000 ia menerima George R. Stibitz Komputer Pioneer Award dari Museum Komputer Amerika (dengan Ilmu Komputer Departemen Montana State University). • Pada tahun 2001 ia menerima Penghargaan Webby dari International Academy of Digital Arts and Sciences untuk pencapaian seumur hidup. Juga pada tahun 2001 ia dilantik ke Rensselaer Alumni Hall of Fame. • Pada tahun 2002 Discover Magazine diberikan kepadanya Penghargaan Inovasi nya. • Pada tahun 2004, ia menerima Penghargaan Internet IEEE bersama dengan Dave Crocker. • Pada tahun 2009, ia bersama dengan Martin Cooper dianugerahi Prince of Asturias penghargaan untuk penelitian ilmiah dan teknis. • Pada tahun 2011, ia terdaftar di # 4 pada daftar MIT150 dari 150 inovator atas dan ide-ide dari MIT. • Pada 2012, Tomlinson telah dilantik ke dalam Hall of Fame internet oleh Internet Society.

×