Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Rencana pelaksaan pembelajaran berbasis masalah

2,005 views

Published on

  • Login to see the comments

Rencana pelaksaan pembelajaran berbasis masalah

  1. 1. RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN Nama Sekolah : SMA N 4 KENDARI Mata Pelajaran : Kimia Kelas/ Semester : X(Sepuluh)/Genap Materi Pokok : Bahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-Hari A. Standar Kompetensi Mendeskripsikan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari B. Kompetensi Dasar Mengenalkan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari C. indikator Menjelaskan kegunaan dan komposisi bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang pangan. Menjelaskan kegunaan dan komposisi bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang sandang. D. Tujuan Siswa mampu menjelaskan kegunaan dan komposisi bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang pangan. Siswa mampu menjelaskan kegunaan dan komposisi bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang sandang. E. model pembelajaran Strategi pembelajaran berbasis masalah F. langkah-langkah pembelajaran 1. Pendahuluan Guru menyampaikan tujuan mengenai materi bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari. Guru memberikan atau menyampaikan motivasi dan appersepsi bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari. “ para siswa-siswa sekalian sebenarnya setiap hari kita selalu menggunakan bahan kimia, misalnya saat mandi, menggunakan sabun
  2. 2. yang memiliki kandungan kimia, saat makan nasi juga mengandung bahan kimia jadi belajar mengenai bahan kimia itu menarik, jangan hanya kita berpikir dibenak kita bahwa bahan kimia it berbahaya tetapi memiliki manfaat yang sangat berguna bagi kehidupan manusia jika dimanfaatkan dengan sebagaimana mestinya. Guru bertanya kepada para siswa bahan kimia apa saja yang sering digunakan.” 2. Kegiatan inti Guru memberikan materi singkat mengenai bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari. (sebelum itu guru membagikan lembar kerja siswa). “Bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari berdiri atas beberapa bidang diantaranya bidang pangan, sandang, papan, perdagangan, seni, dan estetika.Bahan kimia dalam bidang sandang yaitu bahan kimia yang menjadi kebutuhan seluruh tubuh kita. Bahan kimia sandang mengandung, kandungan kimia berubah: a. karbohidrat Karbohidrat tersusun atas unsur-unsur C, H, dan O yang dibentuk dalam proses fotosintesis oleh tumbuhan berhijau daun. Golongan karbohidrat antara lain : gula, tepung, dan selulosa. Menurut ukuran molekul, karbohidrat dibedakan menjadi beberapa golongan sebagai berikut: o Monosakarida, meliputi glukosa, fruktosa, dan galaktosa. o Disakarida, meliputi sukrosa, maltosa, dan laktosa. o Polisakarida, meliputi amilum, selulosa, dan glikogen. Adapun fungsi karbohidrat adalah sebagai berikut: o Sebagai penghasil kalori (1 gram = 4,1 kalori ) o Pembentuk senyawa-senyawa organic yang lain seperti lemak dan protein. o Menjaga keseimbangan asam basa dalam tubuh. Guru bertanya kepada murid, contoh bahan makanan yang mengadung karbohidrat”.
  3. 3. b. Protein Protein merupakan senyawa majemuk yang terdiri atas unsure-unsur C, H, O, N, dan kadang-kadang terdapat unsur P dan S. Molekul protein tersusun dari sejumlah asam amino sebagai bahan dari dasar. Adapun fungsi protein, yaitu : o Penghasil energi ( 1 gram = 4,1 kalori ) o Pembangun jaringan-jaringan baru dan mengganti yang rusak o Pembuat enzim dan hormone o Penjaga keseimbangan asam basa dalam tubuh o Pembentuk antibody. c. Mineral Mineral merupakan komponen inorganik yang terdapat dalam tubuh manusia. Mineral merupakan unsure isensial bagi fungsi normal sebagian enzim dan sangat penting dalam pengendalian komposisi cairan tubuh 65% adalah air dalam bobot tubuh. Mineral-mineral yang dibutuhkan tubuh akan memiliki fungsi khasnya masingmasing seperti kalsium yang berperan dalam pembentukan struktur tulang dan gigi, natrium berfungsi dalam menjaga kesimbangan cairan tubuh atau juga kalsium yang berfungsi untuk memperlancar kontraksi otot. d. Vitamin Vitamin adalah suatu zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Vitamin berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh. Setiap vitamin memiliki peranan dan fungsinya masing-masing. Vitamin berdasarkan kelarutannya di dalam air dibedakan menjadi: Vitamin yang larut didalam air yaitu Vitamin B dan vitamin C. vitamin yang larut dalam lemak yaitu vitamin A, D,E dan K.
  4. 4. e. Lemak Lemak tersusun atas unsure-unsur C, H, dan O yang merupakan senyawa majemuk. Lemak terdiri atas asam lemak dan gliserol. Pada satu molekul lemak terdapat satu molekul gliserol dan tiga buah molekul asam lemak. Sumber lemak dibagi menjadi dua macam, yaitu hewani dan nabati. Adapun fungsi lemak sebagai berikut : o Sebagai penghasil energi ( 1 gram = 9,3 kalori ) o Pembangun bagian-bagian sel tertentu o Pelarut beberapa vitamin, yaitu vitamin A, D, E, dan K o Sebagai pelindung tubuh dari suhu rendah Bahan kimia sandang dibidang sandang yaitu serat. Serat adalah suatu benda yang berbanding panjang diameternya sangat besar sekali.Serat merupakan bahan baku yang digunakan dalam pembuatan benang dan kain.Serat alam yaitu serat yang diperoleh dari alam, sifatnya umumnya yaitu kuat, padat dan mudah kusut. Sedangkan serat sintesis yaitu serat buatan tangan manusia, sifat umumnya kuat daan tahan gesekan”. Setelah memberikan penjelasan mengenai materi guru bertanya kepada para siswa. “ coba sebutkan bahan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan lemak” Merumuskan masalah Guru memberikan atau memperlihatkan berupa bahan-bahan kimia kepada siswa dan meminta siswa untuk membedakan antara bahan kimia berupa sandang dan pangan serta meminta siswa untuk menuliskan kandungannya. (sebelum itu guru membagikan gambar bahan pangan dan sandang kepada para siswa guna diidentifikasi kandungannya).
  5. 5. Menganalisis masalah Dari data atau gambar yang telah diberikan siswa menganalisis bahan-bahan pangan dan sandang yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Merumuskan hipotesis Siswa merumuskan berbagai kemungkinan pemecahan masalah dari data yang telah diberikan, dengan memperhatikan gambar yang telah diberikan. Adapun hipotesis yang dirumuskan oleh siswa yaitu bahwa bahan kimia bukannya merugikan tetapi memiliki banyak keuntungan dalam kehidupan terutama dalam bidang pangan dan sandang. Mengumpulkan data Siswa mencatat data hasil pengamatan dalam bentuk tabel dengan mengelompokkan bahan pangan dan sandang beserta kandungannya. Pengujian hipotesis Siswa menguji hipotesis yang diperoleh dari hasil pengamatan dengan kajian-kajian teoritis dari buku, serta melakukan diskusi dengan siswa lain hingga mendapatkan suatu hipotesis yang tepat. (guru menunjuk seorang siswa untuk membacakan hasil analisis yang telah dikerjakan). Kesimpulan Siswa membuat kesimpulan dari data hasil pengamatan. (guru menunjuk lagi seorang siswa untuk memberikan tanggapan mengenai kesimpulan materi yang telah diajarkan). 3. Penutup Guru menyampaikan kesimpulan yang lebih tepat “Bahan kimia dibidang pangan memiliki kandungan yaitu karbohidrat, protein, vitamin, lemak dan mineral serta kadungan bahan kimia lainnya. Bahan kimia dibidang sandang terbuat dari serat. Serat terdiri atas serat alam dan serat sintesis”
  6. 6. Guru memberikan PR kepada siswa dan menyuruh belajar kembali materi hari ini di rumah. G. sumber belajar : Buku Kimia Bilingual kelas X.
  7. 7. LEMBAR KERJA SISWA (LKS) Tujuan Pembelajaran: Siswa mampu menjelaskan kegunaan dan komposisi bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang pangan. Siswa mampu menjelaskan kegunaan dan komposisi bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang sandang. Petunjuk: Bacalah uraian materi singkat bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari. Jawablah dan diskusikan pertanyaan. Uraian materi: Bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari berdiri atas beberapa bidang diantaranya bidang pangan, sandang, papan, perdagangan, seni, dan estetika. Bahan kimia dalam bidang sandang yaitu bahan kimia yang menjadi kebutuhan seluruh tubuh kita. Bahan kimia sandang mengandung, kandungan kimia berubah: 1. Karbohidrat Karbohidrat, berdasarkan namanya berarti hidrat suatu karbon, yang merupakan zat makanan yang menghasilkan tenaga. Karbohidrat terdiri atas 3 unsur yaitu C, H, dan O. karbohidrat dibedakan menjadi 2 yaitu karbohidrat sederhana dan majemuk. 2. Protein Protein berasal dari kata latin proteiosyang berarti kepentingan utama, protein merupakan senyawa organik yang paling kompleks dialam. Protein merupakan penyusun utama propoplasma dan terdapat pada setiap tubuh makhluk hidup. 3. Mineral Ada beberapa unsur (mineral) yang diperlukan manusi untuk menjaga kesehatannya. Diantaranya, kalium, zat besi, kalsium, magnesium,yodium, fosfos, dan lain sebagainya. 4. Vitamin
  8. 8. Vitamin dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu vitamin yang larut dalam minyak dan vitamin yang larut dalam air. Adapun vitamin yang larut dalam minyak yaitu vitamin A, D, E dan K dan vitamin yang larut dalam air yaitu vitamin B dan C 5. Lemak Lemak, juga terdiri atas unsur C, H dan O. lemak merupakan sumber energy yang lebih efektif daripada karbohidrat, karena merupakan sumber energy yang tinggi yaitu 9 kkal per gram. Lemak berfungsi sebagai pelindung tubuh daru temperature dingin. Bahan kimia dibidang sandang adalah serat. Berdasarkan asalnya serat dibedakan menjadi dua yaitu serat alami dan serat buatan. Serat alami adalah kapas dan wol, kapas merupakan selulosa polisakarida. Contoh dari serat alami yaitu kapas dan wol. Soal! 1. sebutkan kadungan kimia dalam bidang pangan! 2. berikan penjelasan mengenai karbohidrat! 3. apa yang kamu ketahui mengenai protein dan lemak! 4. sebutkan 2 jenis vitamin! 5, sebutkan 2 jenis serat berdasarkan asalnya!
  9. 9. Tugas STRATEGI PEMBELAJARAN KIMIA RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH OLEH NAMA : WA ODE AMALIA STAMBUK : A1C4 12 051 JURUSAN : PENDIDIKAN MIPA PRODI : PENDIDIKAN KIMIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS HALU OLEO KENDARI 2013

×