Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Gaya dalam Renang

2,301 views

Published on

Gaya dada, gaya punggung, gaya kupu-kupu, gaya bebas

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Gaya dalam Renang

  1. 1. Posisi badan saat berenang gaya bebas harus mendatar, dan telungkup dengan sikap tubuh rata. Posisi kepala, punggung, tungkai, harus sedatar mungkin dengan permukaan air dan badan dalam keadaan rileks. anggota badan lain seperti dahi, bahu, pantat, dan tumit berada dipermukaan air (rata-rata air). Posisi badan yang lurus dan mendatar akan memperkecil hambatan dan daya laju pada saat berenang.
  2. 2. 1. Kedua kaki lurus tetapi tetap rileks, punggung telapak kaki ditegangkan hingga lurus ke belakang. 2. Gerakan pukulan dilakukan kebawah dimulai dari pangkal paha, dilanjutkan tungkai bawah, dan diakhiri lecutan pergelangan kaki. 3. Kedua lutut dan pergelangan kaki dalam keadaan tetap relaks akan menambah keefektifan pukulan di air 4. Gerakan kaki ke atas tidak melewati permukaan air. 5. Gerakan kaki dalam renang gaya bebas dapat dilakukan dengan cara dua kali pukulan kaki dan dua kali tarikan tangan, empat kali pukulan kaki dua kali tarikan tangan, dan enam kali pukulan kaki dan dua kali tarikan tangan.
  3. 3. Gerakan tangan dalam renang gaya bebas, yaitu saat lengan masuk ke air, ibu jari tangan masuk terlebih dahulu, dilanjutkan pergelangan tangan dan lengan atas. Posisi tangan masuk ke dalam air adalah di depan bahu, siku dibengkokkan ke depan dan ke bawah, jari-jari rapat, dan pergelangan tangan ditekuk sedikit. Gerakan lanjutan adalah menarik/mengayuh tangan ke arah pusar dengan cara menekuk siku didepan dada, gerakan ini disebut gerakan menarik ( pull). Setelah tangan melalui pusar, dorong ke belakang dan siku mendekat ke badan. Gerakan mendorong ini disebut mendorong (push), dan dilakukan sampai lengan lurus disamping badan. Selanjutnya melakukan gerakan di ayun ke luar permukaan air dengan jari-jari yang keluar terlebih dahulu. gerakan saat lengan melewati paha dan keluar dari air disebut gerak kembali (recovery).
  4. 4. Pengambilan nafas renang gaya bebas yaitu dengan memalingkan/memiringkan kepala ke samping kanan atau kiri. Gerakan ini dilakukan agar mulut keluar dari permukaan air karena pengambilan/menarik nafas melalui mulut kemudian dikeluarkan sedikit demi sedikit pada saat muka menghadap ke air. Gerakan pengambilan nafas dilakukan berbarengan dengan akhir gerakan tangan.
  5. 5. 1. Posisi badan Posisi badan pada renang gaya punggung adalah: a) badan telentang di permukaan air, usahakan badan mulai dari kepala sampai ujung kaki sehorizontal mungkin. b) telinga berada di permukaan air (sedikit masuk ke air) dan leher harus rileks. c) panggul tetap dipertahankan jangan sampai membuat sudut dan pandangan harus selalu lurus ke atas.
  6. 6. 2. Gerakan Kaki a. sudut naik turunnya kaki waktu pukulan kaki bergantung pada setiap individu, tetapi sudut kaki ini harus lebih besar daripada gaya bebas; b. gerakan telapak kaki ke atas merupakan gerakan cambuk. Waktu melakukan gerakan tersebut jari kaki boleh sedikit keluar dari air c. waktu melakukan pukulan kaki, harus diusahakan supaya kaki tetap di bawah permukaan air terutama lutut; d. posisi tangan saat latihan kaki. Tangan berada lurus di permukaan air di atas kepala dengan kedua telapak tangan berdekatan atau terkait.
  7. 7. 3. Gerakan Tangan Ada tiga fase gerakan lengan dalam renang gaya punggung yaitu sebagai berikut. a. Gerakan Pull (Penarikan) Gerakan ini dimulai dari posisi lengan lurus di belakang kepala, jari kelingking berada di bawah. Untuk memulai gerakan siku sedikit ditekuk, kemudian tarik lengan mendekati badan. Gerakan ini berakhir setelah lengan atas atau siku mendekati badan yang selanjutnya dilakukan gerakan push. b. Gerakan Push (Pendorongan) Gerakan ini dilakukan dengan jalan lengan bawah mengadakan pendorongan dengan kuat sampai telapak tangan mendekati paha. Gerakan ini dilakukan setelah gerakan tangan akan berakhir. Setelah gerakan push berakhir dilakukan gerakan recovery. c. Recovery (istirahat) Ibu jari yang keluar lebih dulu dari permukaan air, setelah tangan lurus ke atas tangan diputar (telapak tangan menghadap keluar) seterusnya recovery berakhir setelah tangan masuk ke air dengan jari kelingking masuk terlebih dahulu. Gerakan ini harus dilakukan dengan relaks. Fase-fase gerakan tersebut dilakukan oleh kedua tangan terusmenerus secara tidak terputus- putus sehingga seperti gerakan baling-baling.
  8. 8. 4. Latihan Napas Pengambilan napas tidak terlalu sulit pada renang gaya punggung karena muka tidak masuk ke dalam air. Namun demikian, percikan air sering mengganggu dalam bernapas karena bisa masuk ke hidung. Oleh karena itu, sebaiknya pengambilan napas dilakukan melalui mulut dan hidung pada saat kedua lengan berada di dalam air yaitu pada saat kedua lengan dalam posisi horizontal (lengan yang satu masuk dan lengan yang lain keluar).
  9. 9. 5. Koordinasi Gerak Dalam renang gaya punggung koordinasi yang penting adalah koordinasi gerakan kaki dan tangan, soal pernapasan sebenarnya tidak perlu memengaruhi koordinasi gerakan karena muka tidak masuk air, asal posisi badan tetap dipertahankan horizontal. Latihan gerakan tangan sekaligus digabung dengan latihan gerakan kaki. Muka selalu berada di permukaan air, karena itu pengambilan napas dapat lebih mudah.
  10. 10. a. Posisi awal, kaki dan paha dengan posisi lurus. Dengkul tidak boleh ditekuk. Juga kedua telapak kaki dalam posisi agak rapat satu sama lainnya. b. Kemudian gerakkan kedua kaki secara bersamaan sedikit ke atas permukaan air c. Kemudian jatuhkan ke dua kaki secara bersamaan ke bawah, sehingga memunculkan dorongan ke depan. Dan pinggul akan terdorong dan naik ke depan. Ulangi langkah b – c di atas
  11. 11. a. Posisi awal, kedua tangan lurus di atas kepala (kedua telapak tangan berdekatan, tapi tidak perlu menempel satu dengan yang lainnya) b. Kemudian tarik kedua tangan ke bawah secara bersamaan. Terus tarik sampai ke belakang. c. Kemudian angkat kedua tangan secara bersamaan keluar dari permukaan air dan ayunkan kembali depan Ulangi langkah a – c di atas
  12. 12. a. Gerakkan kaki seperti pada point 1 di atas. b. Kemudian gerakkan kedua tangan ke bawah secara bersamaan. Pada waktu gerakan tangan ke bawah inilah saat kita sedikit menaikkan kepala ke atas untuk mengambil nafas.Gerakan kaki dan tangan dilakukan bergantian.
  13. 13. VIDEO RENANG GAYA KUPU-KUPU
  14. 14. GAYA DADA
  15. 15. Prinsipnya sama dengan latihan gerakan tangan, yaitu pada kedua tangan ditarik ke samping, dagu di angkat ke atas permukaan air sambil menghirup udara.
  16. 16.  Start gaya dada dilakukan dengan berdiri di atas balok start dengan badan dibungkukkan, sedangkan kedua tumit ditekuk. Pandangan diarahkan ke depan.  Bungkukkan tubuh mendekati air dengan sikap mengayun ke belakang.  Ayunan tangan tersebut akan membuat tubuh terdorong maju mendekati permukaan air.  Setelah itu posisi tubuh seperti akan jatuh ke dalam air. Bertumpulah pada kaki dan badan mulai di lepaskan.
  17. 17. VIDEO RENANG GAYA DADA

×